Sayuran Hijau Bisa Mencegah Glaukoma Berbahaya

Glaukoma merupakan salah satu penyakit mata yang cukup berbahaya. Dalam catatan badan kesehatan dunia WHO, Glaukoma menempati peringkat kedua penyebab kebutaan setelah katarak.

Dikutip dari situs kesehatan mata snec.com.sg, Glaukoma adalah penyakit mata dimana tekanan cairan dalam bola mata menjadi terlalu tinggi, sehingga merusak serat lembut saraf optik yang membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak. Bila mata sudah rusak semacam ini tidak dapat disembuhkan dan bisa menyebabkan kebutaan pada tahapan yang parah.

Ada bermacam – macam faktor yang menyebabkan seseorang terkena Glaukoma seperti faktor usia yang semakin tua, penyakit kronis seperti diabetes dan darah tinggi, rabun jauh yang parah, cidera mata karena jatuh atau terbentur sesuatu, juga karena faktor keturunan.

Dikarenakan beratnya risiko yang harus ditanggung penderita Glaukoma karena penyakit ini tak bisa disembuhkan dan cenderung berujung kebutaan, maka perlu dilakukan antisipasi sejak dini.

Sebuah penelitian dari Harvard Medical School Amerika Serikat yang dipelopori oleh dr. Jae Kang menjelaskan bahwa kandungan nitrat pada sayuran hijau seperti bayam, kol, selada, brokoli mampu mengurangi risiko gangguan mata glaukoma hingga 30 persen. Hal ini dikarenakan sirkulasi darah yang mengalir ke sekitar mata semakin lancar.

“Bukti menunjukkan bahwa nitrat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Zat ini 80 persen ditemukan di semua jenis sayuran hijau,” kata dr. Jae seperti dikutip dari timesofindia, Selasa (19/1/2016).

Penelitian yang dilakukan dr. Jae ini melibatkan responden lebih dari 40 orang. dr. Jae juga menganalisa kasus gangguan mata Glaukoma. Dari 1.483 kasus yang menimpa orang Amerika, kebanyakan disebabkan kurangnya asupan sayuran bernitrat.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *