4 Tips Mudah Mengetahui Ciri Mobil Bekas Kebanjiran

Sangat penting untuk diketahui apakah mobil bekas yang akan Anda beli adalah mobil bekas kebanjiran.

Terkadang karena suatu alasan, Anda harus menjatuhkan pilihan Anda pada mobil bekas untuk Anda beli. Selain harganya yang relatif jauh lebih murah dari versi barunya atau mobil baru lainnya, mungkin juga karena kebutuhan Anda sudah bisa teratasi dengan adanya mobil bekas.

Namun, Anda perlu berhati – hati terutama yang menyangkut kondisi bagian-bagian tersembunyi. Bisa jadi meski tampilan luar tampak mulus dan sangat terawat, tapi menyimpan potensi kerusakan yang parah.

Salah satu contoh yang biasa terjadi saat musim hujan dan banjir datang, dimana banyak mobil yang terendam air banjir hingga berjam – jam. Anda harus waspada dengan hal ini. Mobil – mobil bekas kena banjir memiliki risiko kerusakan cukup besar. Anda bisa jadi sangat tidak beruntung bila tidak teliti sebelumnya dan tidak mengetahui cara memeriksa dan melihat kondisi mobil tersebut.

Mobil bekas kebanjiran

Berikut adalah beberapa tips mudah mengetahui ciri mobil bekas kebanjiran sebelum Anda memutuskan membelinya.

Pertama; Ketahui dari baunya

Mobil bekas kebanjiran meski sudah dibersihkan dan dicuci berulang – ulang biasanya tetap menyisakan bau tidak sedap alias apek.

Kedua; Sisa – sisa lumpur dan kotoran

Pada bagian – bagian sudut dan tersembunyi, sisa lumpur bekas banjir sering luput dari penanganan sehingga jadi mengeras. Anda bisa memulai mengeceknya dari bagian karpet karena sisa kotoran juga bisa dilihat dibagian dasar karpet.

Ketiga; Muncul kerak dan karat

Tanda ini adalah yang paling umum dan mudah diketahui karena bisa terjadi pada mobil apa saja dan sudah menjadi tanda umum bila mobil pernah kebanjiran. Hanya saja, tanda ini munculnya dalam waktu agak lama. Jadi bila setelah sekian lama mobil bekas yang Anda beli muncul karatan di beberapa bagian terutama bagian bawah, bisa jadi itu adalah tanda mobil bekas kebanjiran.

Keempat; Sistem kelistrikan

Periksa semua fitur yang berhubungan dengan kelistrikan, apakah semua masih berfungsi secara baik dan normal. Air yang mengenai bagian kelistrikan dalam kondisi on dan terbuka bisa mengakibatkan rusaknya sistem kelistrikan seperti korsleting. Akibatnya fitur yang berhubungan tidak berfungsi lagi.

Tak kalah penting dari keempat hal di atas adalah perhatikan juga dealer / tempat kendaraan bekas yang ingin Anda beli. Pastikan benar – benar recommended dan sangat bisa dipercaya. Jadi, sebelum memutuskan membeli kendaraan bekas ketahui dulu ciri-cirinya apakah mobil tersebut mobil bekas kebanjiran. Bila tidak memiliki pengetahuan yang lebih soal mobil, sebaiknya berkonsultasi pada orang yang mengerti soal mobil agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *