Siapa Bilang Dokter Gigi Di Puskesmas Tidak Berkualitas?

Sakit gigi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang banyak dialami masyarakat. Mulai anak – anak, remaja, dewasa hingga yang tua – tua semua bisa terkena sakit gigi. Rasa sakitnya yang amat sangat membuat penderita tidak lagi berpikir hal – hal lain selain bagaimana cara sembuh dengan cepat. Beberapa ada yang langsung mendatangi dokter gigi terdekat, membeli obat sakit gigi di apotik atau toko obat terdekat. Tidak sedikit pula yang periksa di puskesmas karena memang itu tempat pelayanan kesehatan terdekat.

Bagaimana di puskesmas ?

Sebagian masyarakat sering mempertanyakan kemampuan dokter gigi di puskesmas setempat. Harganya yang relatif murah bahkan gratis untuk jasa dan obat menjadi alasan tersendiri. Mereka menilai bahwa dokter ahli dan berkualitas biasanya selalu bertarif mahal dan cukup menguras kantong.

Meski anggapan ini tidak tepat, tapi cukup bisa dimaklumi karena memang mereka tidak mengetahui keadaan sebenarnya. Meski bertarif murah bahkan gratis, ternyata kualitas dokter gigi di puskesmas sama dengan dokter gigi di rumah sakit besar. Beragam permasalahan gigi yang ringan bisa ditangani.

Menurut ahli kesehatan gigi, Drg Eva Fauziah Sp. KGA, masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir dengan pelayanan yang diberikan dokter gigi di puskesmas. Para dokter gigi memiliki standar dalam mengambil tindakan medis yang berkaitan dengan gigi. Bila masalah yang dihadapi pasien berat, pasti akan dirujuk ke rumah sakit atau ke klinik spesialis gigi yang memiliki peralatan lebih lengkap.

Anggapan lain yang juga berkembang di sebagian masyarakat adalah dokter – dokter gigi di puskemas merupakan dokter buangan. Karena tidak diterima bertugas di rumah sakit besar, para dokter lalu memilih bertugas di puskesmas tingkat pedesaan.

Anggapan ini juga tidak benar dan benar – benar dibantah oleh para dokter gigi sendiri. Harga murah saat memeriksa kesehatan gigi di puskesmas bukan berarti dokternya dokter buangan dan obatnya tidak berkualitas.

Tarif jasa dan obat di puskesmas telah mendapat subsidi dari pemerintah. Wajar kalau harganya bisa murah dan bahkan sama sekali tidak bayar alias gratis. Jadi jangan kaget kalau Anda periksa sakit gigi atau masalah gigi yang lain di puskesmas, Anda hanya dikenai tarif sepuluh ribu atau dua puluh ribu, itu karena biaya kesehatan gigi Anda sudah dibantu pemerintah.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *