Empat Alasan Pentingnya Sayur Untuk Anak

Masa anak – anak adalah masa pertumbuhan baik secara fisik maupun emosional. Secara fisik, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi semakin besar, tubuh semakin tinggi, gigi semakin kuat, rambut semakin panjang dan lebat, tenaga tubuh juga makin kuat. Sedangkan secara mental dan emosional, anak akan menjadi lebih pandai dan mengetahui perbedaan sesuatu. Anak bisa membedakan mana yang baik dan jelek, mana yang berbahaya dan tidak berbahaya. Selain itu, kemampuan mencari solusi dan pengetahuan memecahkan suatu masalah juga makin meningkat. Baik pertumbuhan fisik dan emosional, keduanya perlu diperhatikan.

Ada banyak hal yang mendukung pertumbuhan fisik pada anak, salah satunya adalah dengan selalu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi penting bagi tubuhnya. Setiap makanan dan minuman harus selalu dipastikan memiliki gizi yang bermanfaat. Sayuran merupakan salah diantara banyak jenis makanan yang penting untuk diberikan kepada anak – anak usia pertumbuhan, terutama yang mengandung vitamin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan anak, perkembangan otak dan juga organ tubuhnya. Selain itu, manfaat lain sayur bagi anak pun sangat besar yang membuat seorang ibu harus sering memberikan sayuran segar padanya.

Sayuran Untuk Anak

Terdapat banyak sekali kandungan pada berbagai macam sayuran yang semuanya bermanfaat. Namun, tidak semuanya harus diberikan pada anak secara bersamaan. Ada yang menjadi prioritas dan harus diutamakan untuk diberikan pada anak dari pada yang lainnya, ada pula yang tidak.

Berikut adalah 4 kandungan dan manfaat sayur untuk anak yang paling penting.

1. Sayur Mengandung vitamin E

Salah satu manfaat sayur untuk anak adalah karena mengandung vitamin E, vitamin yang ada pada sayuran sangat penting untuk proses metabolime tubuh anak. Selain itu juga, vitamin E ini pun bisa menjaga kesehatan otot dan juga kulit anak. Dapat disimpulkan bahwa vitamin E pada sayuran sangat berperan penting untuk anak.

Sayuran yang mengandung banyak vitamin E diantaranya adalah bayam, brokoli, asparagus, dan tomat.

2. Sayur Mengandung Pro Vitamin A

Berikutnya adalah karena mengandung pro vitamin A. Pada anak anak jenis vitamin ini sangat penting untuk masa tumbuh kembang dan kesehatan mata, kulit dan juga rambut. Tak Cuma itu saja, tetapi fungsi dari vitamin A ini pun bisa menggantikan sel tubuh yang rusak, meningkatkan kekebalan tubuh anak serta dapat mengagntikan selaput lendir pada organ mata.

Jika mata mengalami rabun sejak usia dini, maka bisa saja ini terjadi karena kekurangan vitamin A, itulah sebabnya seorang ibu harus betul betul memperhatikan perkembangan anak nya. Karena jika ada yang kurang, maka bisa menyebabkan kecacatan atau penyakit pada anak.

Sayuran yang mengandung banyak pro vitamin A diantaranya adalah bayam, brokoli, kangkung, wortel, sawi dan kacang panjang.

Ca Lobak Sawi3. Sayur Mengandung Kalsium

Manfaat sayur untuk anak yang ketiga adalah mengandung kalsium. Kalsium ini dibutuhkan untuk perkembangan tulang pada anak. Jika tulang tidak berkembang, bisa saja anak akan mengalami beberapa masalah tubuh seperti tidak tumbuh tinggi atau pun yang lainnya.

Sayuran yang mengandung banyak kalsium diantaranya adalah lobak, brokoli, kol, kangkung, dan bok choy atau sawi hijau.

4. Sayur Banyak Mengandung Vitamin C

Seperti yang diketahui bahwa vitamin C ini sangat baik untuk kesehatan gigi, gusi dan juga kulit. Dengan mengkonsumsi sayuran sehat, maka kulit anak pun semakin sehat dan giginya bisa semakin kuat. Tak hanya itu, tetapi gusinya juga menjadi lebih sehat sehingga terhindar dari sakit gigi atau pun gusi bengkak.

Sayuran yang mengandung banyak vitamin C diantaranya adalah kentang, bayam, lobak, kubis, tomat dan brokoli.

Oleh sebab itu, masukkan beberapa jenis sayur pada menu makanan anak demi menunjang pertumbuhan dan kesehatannya. Caranya, bisa dengan menjadikannya sayur atau pun bisa dengan mengolahnya menjadi makanan yang menarik bagi si anak.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *