site stats Fakta Mengagumkan Seputar Air Mani – Sami Share

Info

Fakta Mengagumkan Seputar Air Mani

on

Sudah bukan rahasia bagi banyak orang terutama yang telah memiliki pasangan bila air mani atau yang dikenal dengan sebutan semen adalah cairan pembuahan yang diproduksi laki – laki sejak masuk masa puber. Hanya saja, sedikit kaum lelaki yang mengetahui dari mana dan bagaimana air mani itu diproduksi.

Seorang ahli urologi klinis dari Harvard Medical School, Dr Abraham Morgentaler, memberi sedikit petunjuk tentang fakta mengagumkan seputar air mani ini, sebagaimana dilansir dari buzzfeed.com.

Semen dan sperma adalah dua hal yang berbeda

Selama ini orang sering memahami bahwa air mani adalah sperma dan sperma adalah air mani. Perlu diketahui, antara air mani dan sperma tidaklah sama. Sperma atau spermatozoa adalah nama untuk sel reproduksi yang bisa bergerak dan sering terlihat seperti kecebong. Sperma ini membutuhkan tempat untuk berenang berupa cairan – cairan. Penggabungan sperma yang berenang dalam cairan inilah yang kemudian disebut dengan air mani atau semen.

Air mani adalah pelindung bagi sperma

Dengan adanya air mani, sperma bisa melakukan misi biologisnya yang utama yaitu membuahi sel telur wanita atau ovum. Selain menjemput sel telur wanita untuk dibuahi, fungsi lain air mani adalah memberikan energi bagi sperma berupa fruktosa agar bisa berenang dengan sehat.

Air mani diproduksi dengan tiga struktur utama

  • Pertama: Prostat, yang memiliki kemampuan membentuk senyawa penuh enzim, mineral dan protein.
  • Kedua; Vesikel semen, yang memproduksi dua pertiga air mani dan juga fruktosa atau asupan untuk sperma.
  • Ketiga; Testikel atau Testis; yang menjadi tempat produksi sperma serta cairan yang lain.

Itulah fakta mengagumkan seputar air mani yang perlu diketahui. Dengan begitu kita menjadi tahu betapa besar dan mengagumkannya ciptaan Tuhan bahkan untuk sesuatu yang kurang kita ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *