counter Gagal Diet, Makan Tak Terkendali ? Begini Cara Mengatasinya – Sami Share

Diet

Gagal Diet, Makan Tak Terkendali ? Begini Cara Mengatasinya

on

Mungkin Anda merasa sebal dan kecewa pada diri sendiri karena tidak berhasil diet. Keinginan untuk mendapatkan tubuh langsing tak juga Anda dapatkan.

Tenang, Anda tak perlu semakin gelisah karena itu adalah hal yang wajar. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan Anda tidak berhasil diet. Karena bagaimanapun Anda tidak akan berhasil melakukan diet tanpa pengetahuan tentang diet.

Gagal Diet

Kebanyakan orang jika tidak berhasil melaksanakan program diet, yang terjadi adalah hal yang sebaliknya, jadi banyak makan dan tak terkendali.

Kalau Anda tidak ingin hal itu terjadi pada Anda, cobalah ikuti beberapa tips dan trik di bawah ini.

1. Makan tepat waktu

Makan tepat waktu sangat penting bagi Anda, terlebih jika Anda sedang menjalani program diet. Mengapa ? sifat alami manusia adalah makan untuk memenuhi menghilangkan rasa lapar. Kalau Anda sering melewatkan waktu makan Anda dari yang seharusnya, Anda akan merasa lebih lapar dari biasanya. Efeknya, begitu Anda lapar, nafsu makan Anda akan semakin bergejolak. Anda kemudian tidak sadar bahwa makanan yang Anda makan sudah melebihi porsi yang seharusnya.

2. Pastikan menu makanan Anda sehat

Mulailah membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi seimbang, memiliki serat yang cukup dan zat lain yang diperlukan tubuh.

Lebih jelas lagi, makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral serta lemak tak jenuh. Silahkan Anda baca tentang pengertian makanan sehat.

Makanan Sehat

3. Konsumsi serat secukupnya

Diantara manfaat menkonsumsi makanan yang mengandung serat adalah membuat perut merasa kenyang lebih lama. Tentu hal ini sangat menguntungkan terutama bagi Anda yang menjalani program diet. Manfaat lain dari mengkonsumsi serat seperti diambil dari beberapa sumber adalah mengurangi risiko sembelit, mengurangi kadar kolesterol, terhindar dari serangan jantung coroner, menghidarkan dari penyakit kanker usus, menurunkan berat badan, dan sebagainya.

Sumber makanan yang baik Anda makan karena kandungan seratnya tinggi adalah apel, pir, pisang, alpukat, jambu biji, kacang-kacangan, jagung, brokoli dan sayuran.

4. Gunakan pemanis alami

Saatnya Anda berganti dari pemanis buatan ke pemanis yang bersumber dari alam. Makanan dengan pemanis buatan memiliki kandungan glukosa tinggi seperti cokelat, biscuit, wafer. Efek yang didapat dengan banyak mengkonsumsi makanan berglukosa tinggi adalah munculnya rasa ketagihan yang membuat Anda selalu ingin menambah.

Gunakanlah pemanis alami yang berasal dari buah – buahan segar seperti apel, pir, dan anggur karena pemanis alami tidak membuat Anda ketagihan sehingga tidak merangsang Anda untuk makan lebih banyak.

5. Komitmen dengan menu favorit diet

Jika semua hal diatas sudah bisa Anda lakukan dan Anda menu favorit diet sudah bisa Anda dapatkan, yang kemudian perlu Anda harus lakukan adalah komitmen untuk mempertahankan. Kadang, Anda terangsang jika kemudian melihat makanan menarik atau beraroma sedap. Anda harus ingat kalau Anda sedang diet, tidak perlu Anda turuti apa yang Anda inginkan jika hal tersebut justru membuat Anda menderita di kemudian hari.

Demikian beberapa tips dan trik bagaimana mempertahankan diet dan menjaga pola makan. Jaga diri Anda, jaga pola makan Anda dan jaga selalu kesehatan Anda. Selamat mencoba … !

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *