counter Gangguan Hipersomnia, Mengantuk Yang Tak Kenal Waktu – Sami Share

Info

Gangguan Hipersomnia, Mengantuk Yang Tak Kenal Waktu

on

Bila Anda merasa mengantuk pada jam jam sibuk dan terlalu sering Anda rasakan, ada kemungkinan Anda terkena gangguan hipersomnia. (dr Andreas Prasadja, RPSGT, sleep technologist dari Sleep Disorder Clinic-RS Mitra Kemayoran)

Hipersomnia adalah gangguan tidur dimana penderitanya akan merasakan mengantuk yang amat sangat atau berlebihan sekalipun sudah cukup tidur. Gangguan tersebut akan berlangsung terus selama satu bulan bahkan lebih. Bentuknya bermacam – macam seperti susah kesulitan bangun setelah tidur panjang antara 8 hingga 12 jam. Bisa juga karena kebiasaan tidur yang muncul setiap hari seperti tidur siang yang selalu dilakukan. Jadi, kalau tidak tidur siang akan langsung terasa efeknya yaitu mengantuk yang amat sangat.

Seperti diketahui bahwa orang dewasa membutuhkan waktu tidur yang cukup antara 7 hingga 8 jam perharinya. Namun, bagi penderita gangguan hipersomnia waktu tidur standar atau bahkan dengan sedikit tambahan waktu belumlah cukup menghilangkan rasa kantuknya.

Orang yang mengalami gangguan ini akan mudah dikenali karena memiliki ciri – ciri fisik yang sangat mudah dilihat dan ditebak, yaitu mengantuk meski tidurnya sudah cukup. Bila sebaliknya, yaitu mengantuk karena kurang tidur, namanya bukan gangguan hipersomnia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *