counter Hati-hati, Berenang Bisa Tertular Diare – Sami Share

Info

Hati-hati, Berenang Bisa Tertular Diare

on

Berenang memang mengasyikkan. Terlebih bila dilakukan beramai – ramai bersama teman atau keluarga. Berenang juga jadi salah satu olah raga yang sangat menyehatkan menyenangkan karena olah raga ini tidak memberikan tekanan berat pada persendian. Semua anggota tubuh ikut bergerak dan berirama.

Namun ada satu hal yang harus diketahui, berenang juga bisa berpotensi menularkan penyakit. Salah satunya adalah diare.

diare bisa menular di kolam renang

Bagaimana berenang bisa tertular diare?

Penyakit diare sangat mudah menular di kolam renang karena satu hal yaitu kondisi kolam renang yang kurang sehat, dimana disitu terdapat banyak mikroorganisme.

Mikroorganisme menyebar di kolam renang saat ada penderita diare ikut berenang dan mencemari air. Siapapun orangnya yang kemudian secara tidak sengaja menelan air kolam tersebut sangat berpotensi menjadi sakit.

Untuk mengantisipasi hal ini, harus dipastikan bahwa kolam renang yang digunakan sehat dan terpelihara secara baik. Terutama untuk kolam renang yang digunakan umum, karena di tempat ini potensi penyebaran kuman, bakteri maupun berbagai sumber penyakit akan lebih besar. Orang yang datang ke kolam renang umum dalam kondisi yang berbeda – beda. Ada yang sehat wal afiyat, namun tidak sedikit pula yang dalam kondisi sakit meski hanya sakit kulit.

Bila menggunakan kolam renang sendiri, pastikan juga kolam renang benar – benar  terawat dengan baik. Airnya harus memenuhi standar klorin dan PH yang seimbang. Kolamnya juga dibersihkan secara teratur dan dan airnya selalu diganti. Dilakukan juga desinfeksi menggunakan produk – produk klorin bisa membunuh berbagai virus, bakteri, lumut dan ganggang.

Jangan sampai saat Anda menginginkan kesehatan berenang di kolam renang sendiri justru Anda berenang di kubangan kuman – kuman berbahaya. Anda bisa rentan terkena penyakit diare atau penyakit yang lain.

Agar terhindar dari tertular penyakit diare, Jangan lupa pula untuk mandi bilas dengan air bersih menggunakan sabun setelah berenang baik di tempat umum maupun di kolam renang sendiri. Menggunakan sabun antiseptik akan lebih baik untuk mencegah berkembangnya kuman penyakit pada tubuh.

Recommended for you

2 Comments

  1. Pingback: Ini Bahayanya Mengkonsumsi Makanan Kedaluwarsa - Sami Share

  2. Pingback: Ini Bahayanya Mengkonsumsi Makanan Kedaluwarsa - Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *