counter Ingin Cepat Hamil? Perhatikan Masa Subur Anda! – Sami Share

Hamil

Ingin Cepat Hamil? Perhatikan Masa Subur Anda!

on

Kehamilan memang sangat ditunggu terlebih bagi pasangan yang sudah menikah. Namun bagaimana kalau sudah menikah agak lama tetapi belum juga datang masa kehamilan tersebut? Bagi wanita yang sedang menunggu kehamilan harus mengetahui masa suburnya.

Menurut penjelasan dr. Cepi Teguh Praamayadi, seperti dikutip dari vemale.com (20/09/2014), untuk meningkatkan kesuburan pastikan bahwa tidak ada kelainan pada genitalia internal, selain itu kondisi sperma suami juga baik. Bagi wanita juga disarankan mengonsumsi asam folat setiap hari untuk menunjang proses penempelan kantung kehamilan di dalam dinding endometrium.

Untuk mengetahui masa subur seorang wanita dapat juga dilihat dari siklus menstruasinya. Siklus menstruasi yang normal pada wanita rata-rata 28 hari dan teratur setiap bulan. Namun tak sedikit wanita yang siklus menstruasinya lebih pendek, bahkan lebih panjang, selain itu ada pula yang tidak teratur tiap bulan. Bagi wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur untuk menentukan masa suburnya berbeda dengan wanita dengan siklus menstruasi teratur.

Bagi wanita dengan siklus menstruasi 28 hari dan teratur tiap bulan masa suburnya adalah 14 hari sebelum siklus haid yang berikutnya, jadi sekitar hari ke 14 sejak mulainya menstruasi. Sehingga disarankan pada hari 10 sampai 20 sejak datangnya menstruasi rutin untuk melakukan hubungan setiap 2 hari sekali karena Anda tidak tahu kapan sel telur akan dikeluarkan oleh indung telur sehingga jika sel telur dikeluarkan sudah ada sel sperma yang siap untuk membuahi karena sperma bertahan di dalam sistem reproduksi wanita selama 72 jam (3 hari).

Namun pada siklus menstruasi yang tidak teratur yang harus dilakukan pertama kali adalah mencatat siklus menstruasi minimal 6 kali siklus menstruasi. Setelah dicatat selama 6 siklus tersebut untuk menentukan masa subur adalah siklus terpanjang dikurangi 11, dan siklus menstruasi terpendek dikurangi 18. Contoh : siklus terpanjang 33 hari, sedangkan siklus terpendek 26 hari maka masa suburnya dapat dihitung (33-11=22) sampai (26-18=8), sehingga masa suburnya antara hari ke 8 sampai 22.

Masa Subur Wanita

Selain dari siklus menstruasi, masa subur seorang wanita juga dapat dilihat dari lender yang dihasilkan oleh organ reproduksi. Biasanya pada saat masa pelepasan sel telur(masa subur) lendir yang dihasilkan berbeda dengan lender yang biasanya. Ciri-ciri lendir pada masa subur yaitu berwarna putih bening, jika diregangkan pada jari lendir tersebut sangat elastis dan jika ditarik kira-kira dapat sampai 12 cm tanpa putus.

Setelah tahu kapan masa subur Anda, Anda juga harus memperhatikan apa yang Anda konsumsi dan apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan.

Konsumsi makanan yang mengandung banyak zat berikut

1. Asam Folat

Asam folat bermanfaat untuk melancarkan proses pelepasan sel telur. Contoh makanan yang mengandung asam folat yaitu bayam, jagung, kacang hijau, buah pepaya, jeruk, alpukat.

2. Zat besi

Zat besi berpengaruh pada kualitas sel telur. Contoh makanan yang mengandung zat besi yaitu bayam, kacang tanah, kentang

3. Vitamin E

Vitamin E berguna untuk menjaga kualitas sel telur. Makanan yang kaya mengandung vitamin E diantaranya sawi, paprika merah.

Jaga kualitas istirahat

Istirahat yang cukup akan berpengaruh pada kesehatan dan tingkat stress. Jika wanita mudah stress akan mengakibatkan susah hamil sehingga wanita harus menjaga kualitas istirahat dan mengurangi stress

Cara di atas hanyalah tips sederhana, jika sudah dilakukan tetapi belum juga berhasil Anda harus konsultasi dengan dokter.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *