Ini Cara Mengatasi Cegukan Tidak Kunjung Berhenti

Cegukan adalah masalah yang sering dialami banyak orang. Frustasi karena cegukan tak kunjung reda, itu pasti. Selain tidak nyaman, cegukan juga mengganggu orang lain yang berada di sekitar. Sebenarnya mengapa bisa cegukan dan bagaimana cara mengatasi cegukan ini?

Cegukan terjadi karena adanya kontraksi tak terkontrol pada lembaran otot atau diafragma yang mengelilingi paru – paru. Pada waktu yang bersamaan cegukan akan mempengaruhi kotak suara yang membuat dada ikut terlonjak dan mengeluarkan suara mengganggu.

Secara umum cegukan bukanlah gangguan yang membahayakan dan merupakan hal normal. Namun, bila cegukan berlangsung terus menerus selama lebih dari 48 jam sebaiknya konsulasikan pada dokter  untuk dievaluasi. Terlebih lagi bila mengalami cegukan yang terlalu sering hingga dua atau tiga bulan. Meski durasinya tidak sampai 48 jam, sebaiknya pula dikonsultasilkan ke dokter agar segera diketahui apa yang sebenarnya terjadi.

Biasanya cegukan semacam itu terjadi karena masalah seirus kardiovaskular atau yang berhubungan dengan jantung, bisa juga karena gangguan gastrointestinal atau masalah neurologis.

Untuk membantu mengatasi cegukan yang bukan dikarenakan masalah kesehatan yang serius bisa dilakukan dengan cara berkumur, minum air dingin atau dengan cara menahan nafas kira – kira setengah hingga satu menit.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *