counter Ini Penyebab Kulit Mr P Lebih Gelap Dari Kulit Lain – Sami Share

Info

Ini Penyebab Kulit Mr P Lebih Gelap Dari Kulit Lain

on

Bagi kaum laki – laki bukan hal aneh bila kulit Mr P miliknya tampak lebih gelap dari kulit yang lain. Begitu pula dengan istri yang telah sekian lama melihat Mr P suaminya.

Tapi, pernahkan Anda bertanya apa penyebab kulit Mr P lebih gelap dari kulit tubuh yang lain? Berikut penjelasannya.

1. Pubertas

Pigmentasi atau perubahan warna kulit pada bagian tubuh tertentu memang bisa terjadi. Bagi laki – laki, pigmentasi biasa terjadi pada masa pubertas. Pada masa itu tubuh laki – laki memproduksi hormon adrenal dan androgen secara lebih banyak. Androgen adalah hormon yang merangsang pertumbuhan rambut pada seluruh tubuh dan bertanggung jawab terhadap pigmentasi kulit.

Saat hormon androgen merespon sel kulit yang memproduksi melanin, maka akan terjadi proses pigmentasi yang mengakibatkan skrotum atau biji Mr P dan area sekitar selangkangan bisa terlihat lebih gelap. Terkadang area genital mengalami perubahan warna kulit menjadi kemerahan – merahan yang berlebih.

Kulit Mr P

2. Gesekan

Tidak hanya karena pubertas, gesekan yang terjadi di area selangkangan, skrotum dan lipatan paha juga bisa memicu pigmentasi. Menurut ahli dermatolog di departemen dermatologi di Columbia University Medical Center (CUMC) di New York, Dr Lindsey Bordone, sering terjadi gesekan menyebabkan kulit menebal.

“Kulit menebal yang sering tergesek dari waktu ke waktu dapat membuat kulit memiliki tekstur yang lebih keras dan menggelap,” jelasnya, dilansir dari medicaldaily.com.

3. Ketidakseimbangan hormonal

Penderita diabetes bisa lebih banyak menghasilkan perubahan warna kulit atau pigmentasi dikarenakan ketidakseimbangan hormonal atau gula.

Begitu pula dengan penderita obesitas. Di beberapa area, kulit dapat menjadi lebih gelap dari yang lain terutama di daerah lipatan kulit seperti paha, selangkangan dan Mr P. Hal ini terjadi karena penderita obesitas cenderung mengalami gesekan kulit yang progresif.

Selama masih dalam kondisi normal, warna gelap pada Mr P bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, bila tampak perubahan yang disertai rasa sakit, segeralah berkonsultasi ke dokter agar diketahui apa yang sebenarnya terjadi dan pemecahannya.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *