Tiga Saat Paling Tepat Minum Air Putih

Kurang lebih 80 persen dari tubuh kita adalah cairan. Oleh karena itu, saat terjadi kekurangan cairan, tubuh kita akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Tubuh dapat terkena dehidrasi atau gangguan kesehatan yang disebabkan kurang cairan.

Disarankan bagi kita agar selalu memenuhi kebutuhan air setiap harinya, paling tidak 2 liter perhari atau sekitar 8 gelas.

Meski boleh dilakukan kapan saja, ada saat – saat paling tepat dan efektif buat minum air putih sehingga bisa memberikan dampak positif pada tubuh secara maksimal.

Pertama; Saat bangun tidur pagi hari

Sudah menjadi kebiasaan umum bagi kita yaitu segera pergi ke kamar mandi, buang air kecil, cuci muka, berkumur lalu gosok gigi. Cobalah untuk memulai kebiaan baru yaitu minum air putih sesaat setelah bangun tidur dan sebelum beraktifitas yang lain. Bila perlu, sediakan air putih di meja kamar tidur atau di ruangan yang terdekat dengan kamar tidur. Fakta yang ada, minum air putih pada waktu pagi hari saat bangun tidur dapat membantu menyingkirkan racun – racun tubuh yang datang saat tidur dan membantu mencegah dehidrasi sejak dini.

Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Kedua; Sebelum dan sesudah olahraga

Waktu paling tepat minum air putih berikutnya adalah sebelum dan sesudah olahraga. Kenyataannya, banyak orang yang enggan minum air putih sebelum olahraga dengan alasan karena memang belum haus dan belum capek. Padahal sebenarnya minum air putih dibutuhkan baik sebelum maupun sesudah olahraga.

Minum air putih sebelum olahraga bermanfaat memenuhi kebutuhan nutrisi dan air untuk menggerakkan otot serta menghindari dehidrasi. Sedangkan setelah olahraga tubuh akan mengeluarkan cairan berbentuk keringat dalam jumlah yang banyak dan itu harus diganti. Dan cara paling tepat adalah dengan minum air putih.

Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Olahraga

Ketiga; Saat kelelahan

Selain penting minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga, waktu yang tepat untuk minum air putih adalah saat tubuh sedang kelelahan, baik itu lelah yang disebabkan aktifitas fisik maupun lelah karena banyak berfikir. Mengapa, saat tubuh mengalami kekurangan cairan, tubuh akan semakin tidak bertenaga. Begitu juga dengan ketika pikiran sedang berkecamuk rasa galau atau terlalu tegang memikirkan sesuatu, minum air putih dapat mengembalikan mood yang rusak, meningkatkan fungsi otak serta membangkitkan semangat tubuh. Oleh karena itu, penting untuk minum air putih manakala tubuh atau pikiran sedang kelelahan.

Minum Air Putih Saat Kelelahan

Itulah tiga saat paling tepat dan efektif buat minum air putih. Meski begitu, minum air putih bisa dan boleh dilakukan kapan pun dan dimanapun selama tidak berlebihan.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *