counter Inilah Yang Menyebabkan Anda Mudah Panu-an – Sami Share

Info

Inilah Yang Menyebabkan Anda Mudah Panu-an

on

Meskipun terkesan sepele dan tidak membahayakan jiwa, namun beragam masalah yang menyerang kulit tidak dapat diremehkan begitu saja, khususnya beragam penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur, pasalnya selain dapat mengganggu penampilan, penyakit kulit tersebut rata-rata termasuk penyakit yang mudah menular. Ya, bila tidak dirawat dan dijaga kesehatannya, maka kulit akan mudah terinfeksi beragam virus dan salah satu jenis penyakit kulit yang sering menjangkiti kulit manusia adalah panu.

Panu dapat menjangkiti kulit siapa saja, baik itu orang dewasa maupun anak-anak, pasalnya panu merupakan penyakit yang sangat mudah menular.

Menyebabkan Panu

Pada dasarnya, panu merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan karena jamur. Ada berbagai media yang dapat digunakan jamur penyebab panu untuk menginfeksi kulit manusia, salah satunya melalui media keringat. Oleh sebab itu, sebaiknya ketika anda sedang berkeringat usahakan untuk selalu membersihkan badan (mandi) agar jamur jenis Pityrosporum Ovale yang tidak dapat menginfeksi kulit anda, sehingga resiko terkena panu pun dapat berkurang.

Selain keringat yang berlebihan, ada berbagai faktor lainnya yang dapat menyebabkan panu, misalnya seperti :

Keturunan

Panu dapat disebabkan karena faktor keturunan, oleh sebab itu bila anda menyadari bahwa di tubuh anda terdapat banyak panu padahal selama ini anda cukup rajin menjaga kebersihan tubuh, maka kemungkinan keluarga anda memiliki riwayat panu.

Lingkungan lembab

Bila anda tinggal di lingkungan yang kondisinya lembab dan hangat maka resiko anda terkena panu akan meningkat, pasalnya lingkungan lembab merupakan sarang bagi jamur penyebab panu. Oleh sebab itu, sebaiknya anda semakin rajin dalam menjaga kebersihan bila anda tinggal di lingkungan yang seperti itu.

Malnutrisi

Salah satu faktor pemicu eksternal munculnya panu di kulit adalah malnutrisi. Oleh sebab itu pintar-pintarlah dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, sebab bila salah mengkonusumsi makanan maka bisa jadi jamur berkembang dalam kulit dan pada akhirnya juga akan menyerang kulit bagian atas.

Penularan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa panu merupakan jenis penyakit kulit yang mudah menular, oleh sebab itu bila ada anggota keluarga yang anda ketahui mengidap panu sebaiknya anda agak menjaga jarak dengannya dan hindarilah untuk menggunakan barang-barangnya khususnya pakaian dan handuk yang pernah ia pakai.

Selain mengetahui hal – hal yang menyebabkan panu, maka Anda juga perlu memahami gejala panu, sehingga bila terkena panu anda dapat segera mengetahuinya dan mengatasi masalah kulit tersebut karena ada beberapa gejala panu yang cukup mudah untuk dikenali.

Recommended for you

1 Comment

  1. Pingback: Tips Menghilangkan Panu dengan Cepat dan Alami - Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *