counter Inilah Yang Terjadi Saat Anda Menjadi Tua – Sami Share

Lifestyle

Inilah Yang Terjadi Saat Anda Menjadi Tua

on

Banyak orang berharap bisa hidup lama di dunia ini. Setiap saat setiap waktu, do’a selalu dipanjatkan agar agar Tuhan memberi umur yang panjang, sampai tua sampai menjadi kakek dan nenek.

Anda boleh berbangga hati dan layak memanjatkan banyak syukur bila kelak benar – benar dikaruniai anugerah umur yang panjang. Bisa melihat anak-anak tumbuh makin besar dan dewasa, bercengkerama dengan cucu kesayangan, atau sekedar melihat gemerlap perubahan dunia.

Kakek TuaNamun, Anda harus sadar, saat umur Anda semakin bertambah dan Anda menjadi tua, ada banyak perubahan yang akan terjadi pada diri Anda.

1. Tubuh makin rapuh

Massa tulang tubuh Anda makin rapuh termakan usia, sementara tulang baru sudah terhenti pertumbuhannya. Daya motorik otot juga mengalami mengalami penurunan, kadar lemak meningkat sebab kurangnya makan makanan berserat dan menurunnya aktifitas fisik. Anda pun akan terlihat lemah, tidak bertenaga, tidak energik, mungkin juga tubuh terbungkuk dan tak bisa tegak lagi.

2. Makanan tak lagi nikmat

Saat Anda menjadi tua, satu persatu gigi Anda akan terlepas dan tak pernah tumbuh lagi. Semakin banyak yang terlepas, Anda akan semakin susah mengunyah makanan khususnya makanan yang keras atau kenyal yang membuat Anda tidak bisa merasakan nikmatnya makanan sepenuhnya. Begitu pula, indera penciuman dan perasa juga mengalami penurunan. Penciuman tak lagi tajam yang membuat selera makan berkurang. Akibatnya, Anda akan kekurangan gizi dan nutrisi penting. Semua organ pencernaan bagian dalam juga mengalami penurunan fungsi. Asam lambung dan enzim menurun yang mengakibatkan kurang terserapnya vitamin dan zat lain dalam tubuh. Perkembangan lapisan dinding usus mengalami penurunan, dinding usus melemah, daya cerna usus tidak maksimal. Efeknya terasa saat Anda makan, bukan kenikmatan yang Anda rasakan, perut Anda malah merasa sakit.

3. Mudah terkena penyakit

Saat Anda semakin tua, mau tidak mau sistem kekebalan tubuh akan mengalami penurunan sehingga tubuh Anda akan rentan terhadap berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan oleh menurunnya kemampuan tubuh Anda dalam memproduksi antibodi.

4. Nafas tidak teratur

Anda boleh berharap untuk tetap bernafas dengan baik dan teratur. Pada kenyatannya saat umur bertambah tua nafas justru makin tidak teratur dikarenakan menurunnya fungsi paru-paru karena berkurangnya daya elastisitas serabut otot yang menahan pipa kecil dalam paru-paru tetap terbuka. Berkurangnya volume udara yang keluar masuk saat bernafas yang disebabkan otot pernafasan kehilangan kekuatan mengakibatkan nafas terasa cepat, dangkal, kadang tersengal. Menurunnya fungsi paru-paru ini lebih terasa berat lagi bila Anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan merokok atau tubuh Anda kurang olahraga.

5. Jadi pelupa

Kemampuan syaraf dan daya ingat otak mengalami penurunan seiring bertambahnya usia Anda. Akibatnya, saat Anda menjadi tua, Anda bisa saja sering lupa bahkan menjadi lupa sama sekali terhadap banyak hal. Sangat mungkin untuk makan pun Anda lupa, minum obat Anda juga lupa sehingga timbul bebagai penyakit. Anda bisa lihat di sekeliling Anda, akan banyak Anda temui para orang tua usia lanjut yang menjadi lupa sama sekali bahkan terhadap anak cucunya sendiri, atau terhadap barang – barang miliknya.

6. Penglihatan memudar

Bisa terjadi karena kerusakan retina mata karena faktor usia. Bisa karena kakeruhan bagian mata yang dilewati sinar sehingga Anda merasa seolah – olah ada kabut yang selalu menghalangi benda yang dilihat, atau Anda akan merasa benda yang Anda lihat seperti menjadi dua dan terdapat bayang-bayang. Bila sudah begitu, Anda memerlukan alat bantu seperti kacamata agar pandangan Anda menjadi jelas.

7. Kulit kering keriput

Semakin tua, kulit Anda tidak akan terlihat makin halus dan lembut. Yang terjadi adalah sebaliknya, kulit semakin kering dan keriput. Ini disebabkan karena kulit Anda mulai kehilangan jaringan adiposa dan kehilangan cairan. Kelenjar keringat juga tidak lagi bisa bekerja dengan baik. Menurunnya aliran darah bawah kulit dan berkurangnya kemampuan sel memproduksi pigmen menjadikan kulit terlihat pucat dan berbintik hitam. Kuku – kuku jari tangan dan kaki jadi makin tebal namun rapuh.

Kulit kering keriputMasih banyak kekurangan yang akan Anda rasakan saat Anda menjadi tua yang tentu tidak mungkin bisa diulas seluruhnya. Dan semuanya adalah kenyataan yang akan terjadi pada Anda dan pada hampir semua orang tua usia lanjut. Jika masa tua adalah masa yang Anda idam – idamkan, selayaknya sejak dini Anda mempersiapkan diri agar segala kekurangan yang terjadi di masa tua bisa diminimalisir hingga titik yang paling rendah.

Anda tidak perlu ragu dan takut dengan kenyataan yang terjadi bila Anda diberi anugerah umur panjang. Itu artinya Tuhan masih percaya pada Anda untuk mengemban amanat berupa kehidupan. Tinggal bagaimana Anda menggunakannya. Bila Anda menggunakannya untuk hal-hal positif, maka Anda layak untuk dihargai sebagai orang tua karena Anda memang orang tua yang berharga. Sebaliknya, bila Anda melewatkan masa tua Anda pada hal yang negatif dan tercela, jangan harap masa tua Anda berharga dan berlimpah doa positif karena semua orang di sekeliling Anda merasa lebih senang jika kehidupan Anda berhenti sampai disini.

1 Comment

  1. Pingback: Alasan Mengapa Anda harus Menikah Muda | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *