counter Jarak Aman Dan Ideal Untuk Hamil Lagi – Sami Share

Hamil

Jarak Aman Dan Ideal Untuk Hamil Lagi

on

Merencanakan sebuah kehamilan bukanlah sesuatu yang mudah. Memerlukan banyak persiapan untuk hamil lagi setelah melahirkan baik persiapan mental, fisik dan finansial. Karena itu, perlu diketahui jarak aman dan ideal untuk hamil lagi.

Dokter spesialis kandungan dari RSPI Pondok Indah, dr. Yassin Yanuar, SpOG, MSc menjelaskan bahwa bukan masalah bila wanita ingin segera hamil usai melahirkan karena secara biologis, tidak lama setelah wanita melahirkan dia bisa saja hamil lagi.

Namun, banyak hal lain yang perlu diperhatikan meliputi kesiapan ekonomi dan mental. Menurutnya, lebih baik anak yang baru lahir dirawat dulu hingga menginjak tiga tahun sambil mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan jika memang ingin segera hamil lagi.

Selain faktor mental dan ekonomi, hal lain yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah faktor kesehatan. Apakah sang wanita memiliki risiko penyakit tertentu selama hamil dan saat melahirkan atau tidak.

Akan sangat berbahaya bila wanita langsung hamil lagi usai menjalani masa nifasnya. Meski tidak semuanya, banyak wanita yang mengalami gangguan psikologis seperti rasa cemas, depresi, mudah marah hingga kehilangan nafsu makan. Belum lagi jika kelahiran anak sebelumnya melalui operasi caesar, paling tidak membutuhkan waktu minimal dua tahun untuk hamil lagi.

Dengan berbagai alasan dan pertimbangan tersebut, dr Yassin memberikan saran jarak aman dan ideal untuk hamil lagi dan memiliki anak, yaitu minimal dua hingga 3 tahun.

sumber

Recommended for you

1 Comment

  1. Pingback: Tidak Perlu Khawatir, Menunda Punya Anak Tidak Bikin Wanita Jadi Sulit Hamil - Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *