Karena Sholat, Mereka Sempat Menghebohkan Dunia

Jangan pernah meninggalkan sholat wajib karena alasan apapun. Selama iman masih di hati, akal masih normal, sholat lima waktu tetap wajib dilaksanakan.

Ada banyak kemudahan yang diberikan dalam menjalankan sholat wajib bila tak bisa menjalankannya di saat – saat normal. Hanya dengan niat yang kuat, tekad yang teguh akan timbul motivasi bagi setiap muslim untuk selalu menjalankan sholat wajib tepat pada waktunya dalam situasi seperti apapun.

Lihatlah contoh – contoh berikut, apa yang mereka lakukan bahkan sempat menghebohkan banyak orang di berbagai penjuru dunia. Mereka tertangkap kamera sedang melaksanakan sholat dalam kondisi yang tidak lazim dan tidak normal, tapi mereka tetap melaksanakannya karena keteguhannya dalam melaksanakan kewajiban.

1. Sopir taksi muslim New York sholat di atas bagasi

Entah apa yang dipikirkan orang yang berlalu lalang dan senyum – senyum di sekitarnya, sopir taksi muslim kota New York itu sepertinya tidak peduli. Baginya kewajiban sholat lebih penting untuk dilaksanakan. Tanpa rasa canggung dia gelar sajadah dia tas bagasi belakang dan melaksanakan sholat dengan tenang.

2. TNI sholat di hutan saat memadamkan hutan

sholat di hutan

Tugas negara adalah penting. Namun, tugas sebagai hamba Tuhan lebih penting. Anggota TNI ini tetap melaksanakan kewajiban sholat saat menjalankan tugasnya membantu memadamkan hutan yang terbakar. Semoga dia ikhlas sehingga dapat pahala atas dua amalan yang dikerjakan.

3. Astronot sholat di luar angkasa

Astronot pertama asal Malaysia, Sheikh Muszaphar Shukor yang pergi ke luar angkasa menumpang pesawat luar angkasa Rusia, Soyuz pada 10 Oktober 2007 lalu menunaikan kewajiban salatnya dengan tetap menghadap ke Mekah.

4. Pendaki sholat di puncak gunung

solat di puncak gunung papandayan garut

Ini adalah kisah pendaki gunung dalam pengalamannya menaklukkan gunung Papandayan, Garut Jawa Barat. Di atas puncak gunung yang sangat dingin berselimut kabut dan hamparan sisa letusan gunung, mereka tetap melaksanakan sholat walau dengan beberapa keterbatasan. Baca kisahnya

5. Nenek pedagang lemang sholat di trotoar

sholat di trotoar

Sebelumnya mungkin tak ada yang tahu siapa nenek ini. Dia tertangkap kamera saat sedang melakukan sholat di trotoar pinggir jalan yang ramai dan kemudian fotonya menyebar di internet. Usut punya usut, nenek bernama Rosmiza usia 57 tahun ini ternyata sudah melakukannya selama 30 tahun. Nenek Rosmiza, yang sehari-hari berjualan lemang, kue timpan dan nagasari melakukan sholat di trotoar pinggiran Jalan Gatot Subroto Medan tepat disebelah tempat dia berjualan tanpa merasa terganggu oleh lalu lalang dan asap kendaraan.

6. Pramugari sholat di pesawat

Inanike Agusta - Pramugari Sholat 1Inanike Agusta - Pramugari Sholat 2Inanike Agusta - Pramugari Sholat 3

Gadis cantik ini adalah pramugari pesawat Garuda. Namanya Inanike Agusta, asal Salatiga Jawa Tengah. Di bulan Mei 2014, fotonya menyebar dan menjadi perhatian publik. Seorang penumpang memotretnya saat dia sedang melakukan sholat di jump seat (tempat duduk khusus bagi awak kabin), lalu mengunggahnya di internet. Berbagai komentar dan tanggapan pun bermunculan mulai dari masyarakat umum hingga petinggi PT. Garuda Indonesia Tbk.

7. Pekerja konstruksi sholat di atas crane

Bisa jadi, orang ini adalah orang pertama di dunia yang melakukan sholat di tempat sangat tinggi di atas crane. Dia sedang berada di atas crane, tempat dia bekerja saat waktu sholat tiba. Barang kali sudah mempersiapkan diri dengan wudhu sebelumnya, dia lalu melaksanakan sholat tanpa harus turun dari ketinggian. Seseorang berhasil merekamnya dengan camera lalu mengunggah videonya ke situs youtube.

8. Suporter sholat di stadion

Sholat di Stadion Anfield Liverpool

Foto ini sempat menghebohkan dunia karena pengunggahnya dianggap telah melakukan penghinaan. Dua suporter Liverpool, Asif Bodi dan Abubakar Bhula itu tertangkap kamera supporter lain saat melakukan shalat di waktu jeda laga antara Liverpool dan Blackburn Rovers di perempat final Piala FA, Minggu 8 Maret 2015 dan kemudian mengungahnya di twitter.

Bukan memberi ungkapan simpatik, dia malah menganggap sholat yang dilakukan kedua suporter tadi adalah hal yang memalukan. Ungkapan rasisnya yang menghebohkan itu kemudian menuai kecaman dari berbagai pihak mulai masyarakat umum, sesama fans hingga pihak klub.

9. Bocah Palestina sholat di depan tentara Israel

Bocah Palestina sholat di hadapan tentara israel

Aksi pembatasan Israel terhadap warga Palestina yang ingin ke Masjid Al Aqsha tidak mampu menghentikan keinginan bocah Palestina ini untuk tetap melaksanakan sholat.

Bocah Palestina ini nekad menggelar sajadah di hadapan para tentara Israel yang bersenjatakan lengkap, dan melaksanakan sholat dengan khusyu’. Ahmad Gharabli yang sempat mengabadikan momen itu kemudian meng-share di media sosial. Foto itu akhirnya menggemparkan dunia dan mengundang banyak komentar simpatik.

Apa pelajaran dari contoh – contoh di atas ?

Siapapun tahu kalau sholat lima waktu adalah tiang agama dan wajib hukumnya bagi umat muslim. Semua umat Islam juga tahu kalau meninggalkan sholat wajib adalah dosa besar dan akan mendapatkan balasan berupa siksa di neraka.

Kenyataan yang ada, sungguh berat sekali untuk melaksanakan kewajiban sholat lima waktu dengan istiqamah, tanpa menunda-nunda apalagi bolong-bolong. Banyak umat Islam sendiri yang menjalankan sholat dengan bermalas – malasan, sholat diakhirkan hingga waktu mendekati habis. Banyak argumen dikemukakan untuk mencari pembenaran seperti pekerjaan selesai, pakaian kotor, masih di perjalanan, waktu masih panjang sebentar lagi sampai dan lainnya. Terlebih untuk saat – saat sekarang, saat kesibukan menjadi kambing hitam, meninggalkan sholat wajib sepertinya menjadi hal yang lumrah dan biasa.

Bisa dibayangkan, bagaimana andai kewajiban sholat sehari semalam sebanyak lima puluh kali seperti saat pertama kali sholat diwahyukan. Tentu akan lebih berat lagi melaksanakannya dan semakin besar umat Islam yang melakukan pelanggaran meninggalkan sholat. Padahal, ibadah sholat lima waktu sehari semalam adalah tolak ukur amalan seorang muslim.

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh At – Thabrani dijelaskan

“Amal pertama kali yang akan dihisab untuk seorang hamba di hari kiamat nanti adalah sholat. Apabila sholatnya baik, maka baiklah seluruh amalnya. Dan, jika sholatnya buruk, rusaklah semua amalnya.” (HR. Thabrani)

Oleh karena itu sekali lagi, jangan pernah meninggalkan sholat wajib karena alasan apapun. Selama iman masih di hati, akal masih normal, sholat lima waktu tetap wajib dilaksanakan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

3 Comments
  1. 2 years ago
    David Isa Her Girsang

    itu hal konyol seperti soolat di atas taxi
    pdahal kan bisa solat di trotar
    dan solat di depan tentara israel
    kan udah tau israel itu negara kristen Tuhan Yesus kn berasal dri keturunan Yahudi (Israel)
    coba klo orang kristen itu memuji nama Tuhan Yesus di depan dekat Masjid Nabawi di Arab kn psti mrah orang Arab
    coba kmi buat Gereja di Arab

    Reply
    • 2 years ago
      elyou

      lebih konyol jika anda tidak sholat,.. semua itu tergantung niat dan yakin,.. masalah diterima tidaknya itu urusan Allah dengan orang tsb #dodol

      Reply
  2. 2 years ago
    Bagas Ramadhan

    ada satu lagi moment mengenai sholat min, beberapa tahun yang lalu pada perhelatan musik metal terbesar se Asia Tenggara, ada suatu foto yang unik dan diabadikan yaitu beberapa metalhead menyempatkan untuk melakukan sholat magrib berjamaah, yah meskipun kaos mereka hitam dan bergambar tentang kematian namun ketaatannya terhadap agama tak bisa dipungkiri
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=4779337683219&set=t.100001721182432&type=3&theater

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *