counter Katakan Tidak Untuk Makanan Ini Bila Sering Sakit Kepala! – Sami Share

Info

Katakan Tidak Untuk Makanan Ini Bila Sering Sakit Kepala!

on

Sakit kepala, hampir setiap orang pernah mengalami. Penyebabnya pun bisa bermacam – macam seperti kehujanan, kurang tidur, kecapekan, kepanasan atau efek makanan dan minuman tertentu yang dikonsumsi. Tapi yang pasti, saat rasa pusing mulai menyerang, apapun akan dilakukan untuk meredakan. Segala cara dan obat akan dicari.

Banyak juga yang memiliki kebiasaan unik seperti sesegera mungkin minum kopi panas, ngemil, melakukan gerak tubuh, menjambak rambut sendiri, atau membentur-benturkan kepala ke dinding dengan pelan.

Sebenarnya obat paling mujarab untuk tahap pertama sakit kepala adalah tidur karena dengan tidur segala fungsi organ tubuh akan direfresh dan bangun dalam keadaan segar. Tidur juga memperbaiki sel – sel dalam tubuh yang rusak sehingga mempercepat proses penyembuhan terhadap banyak penyakit.

Untuk menghilangkan rasa sakit di kepala, kopi termasuk sesuatu  yang sebaiknya dihindari. Tak hanya kopi saja, ada asupan lain yang juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat kepala merasa pusing. Berikut beberapa makanan yang  sebaiknya dihindari bila sering mengalami sakit kepala seperti dikutip dari boldsky.

Ilustrasi; Sakit Kepala

1. Daging Olahan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daging olahan seperti sosis dan hot dog bisa memicu sakit kepala pada sebagian orang. Hal ini dikarenakan adanya zat pengawet seperti nitrat dan nitrit di dalamnya. Oleh karena itu, bila sering pusing kepala sebaiknya berhenti mengkonsumsi daging olahan seperti di atas.

2. Cabai

Cabai mengandung zat capsaicin yang bisa merangsang sakit kepala sebelah atau migrain. Bagi yang menderita migrain, makanan yang memiliki rasa pedas ini sebaiknya dihindari.

3. Aneka Buah Citrus

Aneka buah jenis citrus seperti jeruk, kiwi, grapefruit, lemon dan limau mengandung kombinasi histamin dan tyramin. Bila dikonsumsi akan menimbulkan efek sakit kepala pada sebagian orang.

4. Kopi

Karena kandungan kafeinnya yang tinggi, minum kopi biasa dijadikan solusi penghilang ngantuk bagi sebagian orang. Mata akan selalu terjaga dalam keadaan segar. Karena alasan itu, kopi tidak baik dikonsumsi bagi penderita sakit kepala karena menyebabkan kurang tidur.

5. Es krim

Siapa yang tak suka es krim, hampir semua orang suka es krim. Berbagai varian rasa yang ditawarkan bisa sangat menggoda untuk sekedar mencicipinya. Meski begitu, hampir semua orang tahu bila makan es krim bisa memicu rasa dan membuat sakit kepala makin menjadi. Tak hanya es krim belaka, hampir semua makanan atau minuman yang memiliki tekstur sangat dingin bisa jadi penyebab kepala pusing dan sakit.

Karena itu, sebaiknya katakan tidak untuk makanan – makanan di atas bila Anda sedang sakit kepala.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *