Fitur dan Kelengkapan Sepeda Motor Baru

Salah satu hal penting untuk diperhatikan saat membeli sepeda motor baru adalah mengetahui apa saja kelengkapan yang akan didapat. Dalam standarisasi penjualan, semua fitur dan kelengkapan sepeda motor baru haruslah diberikan semua pada saat pembelian. Karena itu bila ada yang belum lengkap, pembeli berhak menanyakan mengapa fitur dan kelengkapannya tidak lengkap. Pembeli juga berhak membatalkan transaksi bila memang penjual tidak bisa melengkapi kekurangan kelengkapan yang seharusnya didapat.

Pada dasarnya beberapa fitur dan kelengkapan yang disertakan saat pembelian motor baru antara satu dealer dengan dealer yang lain adalah sama. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan masing – masing dealer memberikan fitur tambahan sebagai bonus agar pembeli merasa puas.

Berikut adalah beberapa kelengkapan sepeda motor baru yang biasa didapatkan pembeli pada saat pembelian. Bila pembeli itu adalah Anda, pastikan Anda menerima kelengkapan – kelengkapan tersebut.

1. Helm SNI

Setiap pembelian satu unit sepeda motor baru, pembeli akan menerima juga satu buah helm berlabel SNI. Merk dan jenis helm-nya bisa berbeda – beda tergantung jenis motor yang dibelinya. Untuk pembelian motor matic dan bebek biasanya disertakan helm half face. Sedangkan untuk motor sport biasanya disertakan helm full face. Tiap dealer bisa berbeda – beda model helm yang disertakan namun tetap mengacu pada standard kualitas SNI. Jadi tidak perlu khawatir suatu saat helm-nya akan kena tilang saat dipakai di jalanan.

Helm standar SNI - Khusus Yamaha Soul GT

2. Jaket Standard

Selain helm SNI, pembeli juga akan menerima satu buah jaket standard. Pada umumnya jaket ini memiliki gambar logo produsen motor seperti Yamaha, Honda, Kawasaki, Suzuki atau yang lain serta tertera nama dealer tempat sepeda motor tersebut dibeli. Kebijakan penyertaan jaket standard dalam setiap pembelian sepeda motor baru biasanya diserahkan kepada dealer yang bersangkutan dan bukan pada produsen motor. Ada juga dealer yang tidak memberikan kelengkapan jaket ini pada customer saat pembelian. Jadi Anda tak perlu over protes bila saat membeli sepeda motor baru dealer tidak memberi jaket standard. Barangkali memang kebijakan dealer semacam itu.

3. Toolkit

Toolkit adalah seperangkat perlengkapan dan alat – alat standard ringan yang dibutuhkan sepeda motor seperti obeng, tang penjepit, kunci busi, kunci shock, kunci 12, kunci 14, dan kunci L.
Toolkit yang disertakan pada setiap pembelian motor baru bisa berbeda – beda isinya, tergantung merk dan tipe sepeda motor yang dibeli.

Toolkit

4. Buku Pedoman Pemilik atau Buku Petunjuk

Kelengkapan lain yang diterima pembeli saat pembelian motor baru adalah buku pedoman pemilik atau buku petunjuk. Buku ini berisi seluk beluk sepeda motor yang dibeli dari spesifikasi, pengoperasian, cara perawatan yang baik hingga prosedur keselamatan dan cara penggunaan yang aman.

Meski sudah mahir mengoperasikan sepeda motor, sebaiknya buku ini Anda baca agar selalu ingat dan terjaga keselamatan Anda saat berkendara.

5. Buku Service dan Garansi

Buku lain yang juga diterima pembeli saat pembelian motor baru adalah Buku Service dan Garansi.
Buku ini menjelaskan tentang hak dan kewajiban pembeli terkait pembelian sepeda motor baru serta informasi dan fasilitas terkait. Selain itu, buku ini juga berfungsi sebagai buku garansi yang bisa digunakan untuk servis gratis ataupun pengajuan claim garansi bila dibutuhkan. Jadi, simpan baik-baik buku service dan garansi ini karena bila sampai hilang, maka garansi juga bisa hilang dan tidak bisa mengajukan claim.

Kelengkapan sepeda motor baru - buku service dan garansi

6. Service Gratis dan Oli Gratis

Kelengkapan yang disertakan dalam pembelian sepeda motor baru berikutnya adalah layanan servis gratis dan oli gratis. Biasanya layanan oli gratis ini diberikan satu kali yaitu pada ganti oli pertama. Sedangkan untuk layanan service gratis tiap dealer sepeda motor menerapkan kebijakan yang berbeda – beda. Masing – masing saling bersaing memberikan layanan service terbaik, menyenangkan dan memuaskan buat customernya. Ada yang memberikan service gratis 4 kali bahkan lebih hingga ada yang memberikan servis gratis selama 2 hingga 3 tahun. Tentu dengan syarat dan aturan yang ditetapkan masing – masing dealer.

Itulah beberapa kelengkapan sepeda motor baru yang biasa didapatkan pembeli pada saat pembelian. Pembeli bisa meminta penjelasan lebih detail dari dealer bersangkutan tentang hal ini agar tidak ada salah paham di kemudian hari.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *