counter Kenali 5 Manfaat Sayur Jantung Pisang Yang Luar Biasa – Sami Share

Kesehatan

Kenali 5 Manfaat Sayur Jantung Pisang Yang Luar Biasa

on

Sayur jantung pisang mungkin sudah banyak yang kenal dan mengkonsumsinya, bahkan sayur ini pun menjadi favorite. Hal ini karena ada banyak manfaat sayur jantung pisang yang bisa didapatkan. Selain itu, jantung pisang ini tidak berasa pahit seperti sayur pare atau yang lainnya. Sayur jantung pisang bisa diolah dengan cara ditumis, atau bisa juga direbus dengan menggunakan sedikit garam.

Agar sayur jantung pisang berasa lebih enak, pilihlah jantung pisang yang masih muda atau tidak terlalu tua dan sudah membuah menjadi pisang kecil. Sedangkan untuk menghilangkan getahnya, rendam jantung pisang kedalam air selama beberapa menit saja kemudian cuci dan tiriskan. Baru setelah itu diolah sesuai keinginan.

Jantung Pisang

Mengkonsumsi sayur jantung pisang memiliki berbagai manfaat dikarenakan jantung pisang mengandung gizi dan nutrisi yang penting bagi kesehatan. Berikut adalah 5 manfaat sayur jantung pisang yang luar biasa.

1. Mengatasi Penyakit Gondok

Salah satu manfaat sayur jantung pisang adalah mengatasi penyakit gondok, hal ini karena jantung pisang mengandung yodium yang sangat tinggi. Penyakit gondok memang identik dengan kekurangan yodium. Oleh karena itu bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi sayur jantung pisang secara rutin.

2. Mengubah Mood Dengan Alami

Kandungan magnesium yang ada pada jantung pisang ini ternyata bisa mengurangi rasa cemas, khawatir atau pun rasa sedih. Dengan makan sayur jantung pisang ini, maka suasana hati pun bisa diperbaiki dengan baik dan juga alami.

3. Mengatur Darah Haid

Manfaat sayur jantung pisang yang berikutnya adalah dapat mengatur darah haid. Caranya dengan mengkonsumsi rebusan jantung pisang pada saat haid atau pun sebelum. Mengapa bisa terjadi? Karena rebusan jantung pisang ini dapat mengontrol hormon progesteron sehingga darah haid pun bisa teratur.

4. Meningkatkan Sel Darah Merah

Siapa sangka ternyata jantung pisang ini mengandung zat besi yang cukup banyak yang bisa meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah, sehingga sel darah bisa meningkat atau diproduksi dengan banyak. Dengan begitu, maka tubuh pun akan tetap sehat serta tidak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan.

5. Menyehatkan Perut dan Pencernaan

Sayur ini juga bisa menyehatkan perut, jika sistem pencernaan anda tidak lancar maka bisa mengkonsumsi sayur jantung pisang ini. kandungan fiber yang ada pada jantung pisang ini membantu anda dalam melancarkan pencernaan, sehingga perut bisa lebih sehat dan terhindar dari penyakit seperti sambelit atau pun diare.

Itulah 5 manfaat sayur jantung pisang yang luar biasa. Bukan sesuatu yang sulit bukan karena jantung pisang ini bisa mudah dijumpai di berbagai daerah. Bila tidak, Anda juga bisa menanam pohon pisang di sekitar rumah atau di kebun sendiri. Sekaligus nanti Anda dapat memetik pisangnya, Anda juga bisa memanfaatkan jantungnya untuk dikonsumsi sebagai sayuran. Selamat mencoba!

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *