counter Kenali Penyakit 'Mata Ikan' dan Cara Mengatasi – Sami Share

Kesehatan

Kenali Penyakit ‘Mata Ikan’ dan Cara Mengatasi

on

Penyakit mata ikan adalah satu penyakit kulit yang disebabkan karena terjadinya penebalan kulit. Orang Jawa menyebutnya ‘moto iwak’. Ada juga yang menyebutnya dengan ‘kutil’ atau ‘cuplak’. Biasanya terjadi di sela – sela kaki, dipermukaan kaki atau di jari – jari tangan yang biasa mengalami kapalan. Penyakit mata ikan pada kaki biasanya terjadi akibat pemakaian sepatu yang berbahan keras atau ukuran yang terlalu kecil.

Penyakit Mata Ikan

Meski sakit mata ikan bukan merupakan penyakit yang membahayakan jiwa, tapi penyakit ini bisa membuat penampilan menjadi rusak dan kurang menarik. Anda pun bisa kehilangan rasa percaya diri bila harus bertelanjang kaki bareng sama teman atau orang lain seperti saat di pantai dan di kolam renang. Begitu pula bila sakit mata ikan berada di bagian tangan. Anda juga bisa menjadi tidak nyaman karena penampilan terganggu.

Penyakit mata ikan timbul karena adanya pengaruh virus yang disebut dengan Human Papillomavirus (HPV) yang biasa menyerang jari – jari kaki, permukaan kaki, jari – jari tangan dan telapak tangan. Bila penyakit ini menyerang Anda, Anda harus berupaya segera menghilangkannya agar tidak semakin memburuk menjadi benjolan besar yang sangat mengganggu.

Penyakit Mata Ikan Di Tangan

Beragam cara bisa dilakukan untuk menyembuhkannya baik yang berbiaya mahal seperti menggunakan jasa dokter spesialis atau yang berbiaya murah dan mudah dilakukan sendiri yaitu menggunakan bahan – bahan herbal dari alam.

Beberapa bahan herbal di bawah ini memiliki khasiat yang cukup manjur dalam mengusir penyakit ‘moto iwak’.

1. Getah Pepaya

Getah Pepaya

Getah pepaya banyak mengandung zat yang mampu mengusir penyakit mata ikan. Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Sediakan air hangat yang diberi sedikit garam kemudian rendam kaki atau tangan yang terdapat penyakit ‘mata ikan’ selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu angkat dan keringkan. Baru kemudian oleskan getah pepaya pada bagian yang kulit yang ada mata ikannya. Lakukan secara teratur dan berulang – ulang sampai mata ikan lenyap.

2. Bawang Putih1 - mengobati sakit gigi dengan bawang putih 4 - mengobati sakit gigi dengan bawang putih

Selain sebagai bumbu masak, bawang putih memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Salah satunya adalah bisa digunakan untuk mengobati penyakit mata ikan. Caranya tumbuk bawang putih hingga menjadi halus, lalu oleskan pada bagian kulit yang ada mata ikannya. Setelah itu balut menggunakan perban atau kain bersih. Usahakan untuk menggantinya sehari sekali agar kebersihan terjaga sehingga mempercepat penyembuhan.

3. Getah Pohon Kamboja

Getah Pohon Kamboja

Pohon kamboja mudah sekali ditemukan. Bila dulu pohon kamboja hanya bisa ditemukan di komplek pemakamam, sekarang tidak lagi. Pohon kamboja sudah digunakan sebagai pohon hias dan banyak ditanam di sekitar rumah tempat tinggal. Salah satu manfaat dari pohon kamboja adalah getahnya bisa digunakan untuk mengobati penyakit mata ikan. Hal ini dikarenakan kandungan getah pohon kamboja memiliki kesamaan dengan getah pepaya. Cara pemakaiannya pun hampir sama yaitu dengan dioleskan pada bagian kulit yang ada mata ikannya. Bila dilakukan secara rutin, insyaallah akan mempercepat penyembuhan penyakit mata ikan.

Itulah sedikit informasi berkaitan dengan penyakit ‘moto iwak’ dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

2 Comments

  1. Chaniago RH

    Jan 4, 2016 at 8:25 pm

    Tambah min.. sedikit konyol & gila tapi ampuh! yang kurang pengalaman sebaiknya jangan coba2 karena pasti cara ini pasti dilarang keras oleh dokter, dan ini semua diluar tanggungjawab saya wkwkwk. Ini pengalaman pribadi, dimana obat2an apotek ga ada yang ampuh lagi (saya ga berani ke dokter hehehe). Obatnya adalah pakai ujung solder panas! Jangan sekaligus, pasti luka. Tempelkan ujung solder yang panas singkat2 saja ke kutilnya, masing2 sekitar 1/2 detik, berulang2, sampai tercium bau kulit terbakar, atau terasa panas (karena kutil saya dulu tebal, jadi agak lama terasa panasnya). Sehari lakukan 3x. Sekitar 3 hari kutilnya mulai berubah warna menjadi putih, hari ke 5 seperti kulit tebal yang mau ganti kulit. Coba aja digoyang2, pasti lepas! Beres deh kutilnya, hehehe.

    • Fatchur sag

      Jan 4, 2016 at 8:55 pm

      uji nyali juga nih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *