counter Ketahui, Kandungan Gizi Dan Manfaat Pare Yang Luar Biasa ! – Sami Share

Kesehatan

Ketahui, Kandungan Gizi Dan Manfaat Pare Yang Luar Biasa !

on

Siapa tak kenal nama yang satu ini, Pare. Ia dikenal sebagai tanaman sayuran yang memiliki rasa pahit lekat. Banyak orang yang mengeluh karena rasa pahit sayur pare ini ternyata tak bisa dihilangkan 100 %. Terlebih bila dikonsumsi dengan cara hanya direbus dijadikan lalapan.

Pare atau Peria

Selama ini pare memang lebih dikenal karena rasa pahitnya. Sedangkan untuk manfaat dan khasiatnya, masih banyak orang yang tidak tahu atau bahkan tidak peduli. Pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan dikarenakan banyaknya gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Pare mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, kalsium, kalium, seng, zat besi, tembaga dan fosfor.

Sedangkan dari jumlah nutrisi yang ada, seperti dikutip dari wikipedia, buah pare mengandung nutrisi berupa :

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi 79 kJ (19 kcal)
Karbohidrat 4,32 g
– Gula 1,95 g
– Serat pangan 2,0 g
Lemak 0,18 g
– tak jenuh 0,014 g
– tak jenuh tunggal 0,033 g
– tak jenuh majemuk 0,078 g
Protein 0,84 g
Air 93.95 g
Vitamin A equiv. 6 μg (1%)
Tiamina (Vit. B1) 0.051 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.053 mg (4%)
Niasin (Vit. B3) 0.280 mg (2%)
Vitamin B6 0.041 mg (3%)
Folat (Vit. B9) 51 μg (13%)
Vitamin B12 0 μg (0%)
Vitamin C 33.0 mg (55%)
Vitamin E 0.14 mg (1%)
Vitamin K 4.8 μg (5%)
Kalsium 9 mg (1%)
Besi 0.38 mg (3%)
Magnesium 16 mg (4%)
Fosfor 36 mg (5%)
Kalium 319 mg (7%)
Natrium 6 mg (0%)
Zink 0.77 mg (8%)

Dan sudah pasti, dengan banyaknya kandungan gizi dan nutrisi, buah pare memiliki banyak manfaat dan khasiat, diantaranya :

1. Mencegah kanker dan radikal bebas

Salah satu manfaat sayur pare adalah mengandung vitamin A yang salah satu manfaatnya adalah membantu dalam mencegah kanker. Selain itu, pare juga bisa mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko cacat janin dalam kandungan

Kandungan lain pare adalah folat yang sangat baik untuk para wanita yang sedang mengandung. Tujuannya adalah untuk mencegah serta mengurangi terjadinya kecacatan pada anak, terutama bagian syaraf. Jika anak selama dalam kandungan cukup sehat, maka saat persalinan pun bisa lancar dan juga mudah, sehingga risiko terjadinya kecacatan sangat kecil.

3. Menurunkan berat badan

Pare adalah salah satu tanaman sayur yang rendah kalori. Tentu saja sayuran ini sangat baik dikonsumsi bagi yang ingin cepat kurus. Ini karena mengkonsumsi pare tidak akan menambah berat badan, justru sebaliknya bisa mengecilkan badan secara alami.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Pare memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Efek positifnya, apabila sistem pencernaan lancar maka sudah pasti penyakit seperti sambelit bisa dicegah dengan mudah.

5. Menurunkan Kadar Gula

Ini adalah salah satu manfaat pare yang paling populer, membantu menurunkan kadar gula darah.

Memiliki kadar gula berlebih dalam tubuh bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit terutama diabetes. Namun, tidak perlu cemas karena kadar gula darah dalam tubuh ternyata bisa diturunkan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi pare. Pare membantu pankreas memproduksi insulin yang berguna menstabilkan kadar gula darah.

Pilihan terbaik cara mengkonsumsi pare adalah terserah kepada masing masing orang sesuai dengan kesukaannya karena pare dapat diolah menjadi makanan dalam berbagai jenis dan nama. Bisa dimakan hanya dengan direbus sebagai lalapan, atau dimasak tumis pedas, dijadikan pepes, bahkan ada yang meminumnya sebagai jus. Semuanya memiliki manfaat. Guna mengurangi rasa pahit, bisa ditambahkan gula secukupnya dan tidak berlebihan.

Itulah beberapa manfaat pare ini, buah rasa pahit yang ternyata kaya akan manfaat.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *