counter Kondisi Ini Sering Membuat Velg Mobil Cepat Rusak – Sami Share

Auto

Kondisi Ini Sering Membuat Velg Mobil Cepat Rusak

By

on

Kondisi jalan terkadang membuat velg mobil cepat rusak.

Velg adalah komponen mobil yang langsung bersentuhan dengan ban, dimana ban itu sendiri adalah komponen yang langsung bersentuhan dengan jalanan. Fungsinya yang sangat penting dalam menjaga ban dalam kondisi aman dan menjaga mobil tetap stabil, maka velg harus benar – benar bagus. Tidak boleh rusak atau cacat seperti retak, sobek, tergores, pecah atau tidak presisi.

Secara umum, velg pada mobil sudah diperhitungkan segala halnya oleh produsen demi menjaga keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengendara. Akan tetapi, kondisi jalanan tak selamanya mulus dan mendukung. Infrastruktur yang kurang baik mengharuskan para pengemudi selalu waspada dan antisipatif atau tanggap dengan kondisi. Meskipun tak bersentuhan langsung dengan aspal jalanan dan sudah dibalut oleh ban yang tebal, velg juga bisa rusak.

Dan kalau rusak, sudah pasti harus dikembalikan ke kondisi semula agar tidak membahayakan pengendara dan orang lain. Mereparasi adalah solusi yang awal yang bisa dilakukan. Bila hal tersebut tak mampu membuat velg menjadi balance dan normal lagi, maka mau tidak mau harus diganti dengan velg baru yang lebih bagus. Tentu saja pemilik mobil harus keluar biaya tidak sedikit.

velg-mobil-cepat-rusak

Apa yang harus diperhatikan untuk menghindari velg mobil cepat rusak?

Sebelum semuanya terjadi, akan lebih baik bila pengendara melakukan berbagai upaya pencegahan dengan memperhatikan berbagai hal yang dapat membuat velg mobil cepat rusak. Berikut beberapa hal di jalanan yang harus diwaspadai dan dihindari.

Pertama; Lubang

Jalanan berlubang adalah masalah paling sering ditemuai di jalanan, terutama di jalanan yang sering tergenang air seperti banjir, rob atau yang lain. Meski umum ditemui di kota – kota besar, jalanan berlubang juga tak jarang ditemui di jalanan dataran tinggi yang kurang perawatan. Terlalu sering menghajar lubang jalanan dengan kecepatan tinggi bisa membuat velg mobil cepat rusak.

Kedua; Gundukan

Hampir tidak berbeda dengan lubang di jalanan, gundukan di jalanan baik itu polisi tidur, sisa material perbaikan jalan, tumpahan cor dari mobil pengangkut yang mengering, atau retakan jalan yang menyembul juga menjadi masalah serius bagi pengendara mobil. Melewati gundukan dengan kecepatan tinggi bisa menimbulkan benturan keras pada velg mobil. Efeknya hampir bisa dipastikan velg akan peyang atau bengkok.

Ketiga; Trotoar dan pembatas jalan

Trotoar dan pembatas jalan memang sangat terlihat dan tidak akan langsung terinjak ban karena berada di sisi kanan atau kiri mobil. Namun pengemudi tetap harus mewaspadai. Jangan sampai terlalu mepet dan menyerempet karena bisa mengakibatkan velg lecet tergores.

Selain ketiga hal di atas, ada hal hal lain yang harus diperhatikan untuk menghindari velg mobil cepat rusak.

Pertama; Pengereman mendadak

Pengereman mendadak saat melaju kencang atau hard braking bisa disebabkan banyak hal seperti adanya gundukan, lubang dan juga hal lain. Hal ini juga menjadi salah satu faktor velg mobil cepat rusak dikarenakan berat mobil bertumpu pada ban depan sebelum menghantam halangan dengan tajam. Dan bukan tidak mungkin bisa saja mengakibatkan ban pecan atau bagian dinding menjadi benjol.

Kedua; Profil ban

Ukuran ban misalnya, harus disesuaikan dengan ukuran velg. Velg berukuran besar jangan dipakaikan pada ban dengan ukuran terlalu tipis. Kondisi ini bisa membuat velg mobil cepat rusak karena tidak mendapatkan perlindungan yang maksimal dari ban.

Ketiga; Tekanan udara

Meski yang digunakan adalah ban tebal, karena tekanan udaranya kurang, maka tak ada bedanya dengan menggunakan profil ban tipis. Akan semakin besar kemungkinan velg cepat rusak akibat terkena benturan keras sepeti gundukan, lubang jalanan ataupun hanya polisi tidur.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *