counter Kriteria Wanita Shalehah, Idaman Kaum Pria – Sami Share

Asmara

Kriteria Wanita Shalehah, Idaman Kaum Pria

on

Wanita adalah ciptaan Allah yang dikaruniai banyak sekali keistimewaan. Banyak kelebihan yang ada pada wanita dan tidak dimiliki oleh kaum pria. Namun, dibalik keistimewaan yang dianugerahkan, wanita memiliki tanggung jawab sangat besar yang harus dipikul dan dijalankan.

Karena itu wajar, bila wanita ingin sekali memiliki predikat wanita shalehah. Wanita yang selalu bisa menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Selain janji pahala yang disediakan, wanita shalehah juga menjadi dambaan kaum pria untuk dijadikan pendamping hidup di dunia hingga akhir hayat. Dan akan sangat beruntung sekali bagi kaum pria yang berhasil menjadikan wanita shalehah sebagai istrinya.

Bunga dan Kupu - kupu

Lalu bagaimana kriteria wanita bisa dikatakan wanita shalehah dan bisakah predikat itu dicari dan diupayakan? Berikut adalah kriteria wanita shalehah yang layak menjadi idaman bagi semua pria.

1. Muslimah

Kriteria wanita shalehah yang pertama adalah Muslimah. Ini menjadi tolok ukur utama bagi wanita untuk menyandang predikat shalehah. Sebagai seorang muslimah, dia hanya percaya dengan adanya satu Tuhan untuk disembah yaitu Allah SWT serta mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT.

2. Mu’minah

Kriteria wanita shalehah kedua adalah Mu’minah, yaitu wanita beriman dan selalu menjaga keimanannya hingga akhir hayat. Wanita yang benar – benar mu’minah tidak akan tergoda oleh segala dosa dan rayuan syetan karena hal itu akan menurunkan kualitas keimanannya kepada Allah SWT.

3. Qonitah

Kriteria wanita shalehah ketiga adalah Qaanitah, yaitu selalu taat kepada Allah SWT. Dia selalu berupaya patuh dan menjalankan segala yang perintahkan oleh Allah dan rasulNya serta menjauhi segala larangan dan dosa.

4. Taaibah

Kriteria wanita shalehah keempat adalah Taaibah, artinya dia adalah wanita yang selalu memperbanyak taubat kepada Allah SWT. Dia selalu memohon ampun atas segala kesalahan dan dosa – dosa yang pernah dilakukannya baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Dia juga memiliki komitmen tinggi untuk tidak mengulangi segala perbuatan dosa yang pernah dilakukannya di masa lampau.

5. ‘Aabidah

Kriteria kelima wanita shalehah adalah ‘Aabidah atau suka beribadah. Tak hanya ibadah wajib seperti shalat lima waktu atau puasa di bulan Ramadhan, ibadah sunnah pun dilakukannya dengan rasa senang dan bersemangat. Dia tidak malas untuk bangun malam demi untuk melaksanakan shalat Tahajjud dan shalat Witir. Dia juga tidak malas melaksanakan puasa-puasa sunnah dan berbagai ibadah sunnah yang lain.

6. Saaikhah

Kriteria wanita shalehah keenam adalah Saaikhah, yaitu wanita yang dikaruniai sifat dermawan. Dalam keadaan lapang dan sulit, dia tetap gemar bersedekah. Tak ada rasa berat hati mengeluarkan uang dan harta benda lainnya untuk dibelanjakan di jalan kebaikan baik yang bersifat keagamaan seperti kepentingan masjid, musholla, pondok pesantren, manyantuni yatim piatu, kegiatan – kegiatan keagamaan, maupun yang bersifat umum seperti untuk pembangunan jalan dan fasilitas – fasilitas umum lainnya.

Sudah pasti, bila pria mendapatkan wanita shalehah dengan kriteria – kriteria di atas, dia ibarat mendapatkan rejeki nomplok. Dia akan menjadi orang yang paling beruntung dan dijamin kebahagiaannya dalam meraungi samudra kehidupan berrumah tangga.

Karenanya, tidak ada alasan bagi pria untuk mengesampingkan kriteria – kriteria di atas bila ingin mendapatkan wanita yang benar – benar shalehah. Dan tidak perlu merasa berkecil hati bagi wanita yang dikaruniai fisik tak begitu cantik, atau yang memiliki status pernah menikah alias janda karena cantik atau gadis, tak cantik atau janda bukan jaminan bagi kebahagiaan berumah tangga.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *