Kuliah Sambil Bekerja, Ini Manfaatnya

Cita – cita dan masa depan gemilang merupakan harapan banyak orang. Banyak jalan ditempuh demi mencapainya. Sebagian mencoba meniti jalan melalui jalan studi. melewati proses belajar hingga ke jenjang tertinggi tanpa tergoda pekerjaan. Sebagian lagi ada yang meniti jalan melalui pengalaman bekerja semenjak usia muda sampai waktu membentuknya menjadi jiwa yang tangguh dalam menjalani liku-liku kehidupan kerja.

Manfaat kuliah sambil bekerja

Dan terkadang karena suatu alasan, Anda dihadapkan pada dua hal tersebut secara bersamaan, bekerja selagi usia muda tanpa meninggalkan jenjang pendidikan yang ditekuni. Kuliah sambil bekerja, atau bekerja dan tetap kuliah. Entah mana yang Anda prioritaskan, antara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari sisi kelebihan, berikut 5 manfaat kuliah sambil bekerja.

1. Membentuk pribadi tangguh

Tidak setiap orang bisa menjalani kuliah sambil bekerja secara bersamaan. Kuliah saja sudah menguras waktu, pikiran dan tenaga. Apalagi bila harus sambil menjalani pekerjaan yang juga menyita waktu, pikiran dan tenaga. Tentu akan lebih berat lagi dirasakan.

Tapi, hal ini bisa membentuk pribadi tangguh di kemudian hari bila kedua hal ini bisa dilewati. Dibanding dengan yang hanya fokus kuliah, Anda bisa lebih siap menghadapi dunia kerja yang keras begitu kuliah selesai.

2. Kualitas hidup meningkat

Ada poin plus tersendiri bagi Anda yang kuliah sambil bekerja. Selain pelajaran akademis di kampus, interaksi dengan orang-orang di dunia kerja membuat wawasan Anda meningkat, sikap lebih dewasa, lebih mandiri. Anda juga berlatih dan mengerti cara bersosialisasi ke lebih banyak orang sehingga mengerti juga cara menghadapi mereka yang memiliki banyak sifat dan kepribadian.

3. Bisa mengatur waktu dengan lebih baik

Menjalani sambil bekerja menuntut Anda membagi waktu dengan baik. Hal yang cukup sulit mengingat keduanya sama – sama penting. Dalam kondisi seperti ini Anda akan berusaha agar keduanya bisa berjalan tanpa saling mengorbankan. Kebiasaan mengatur waktu sedemikian ini makin lama bisa membentuk Anda sebagai pribadi yang pandai membagi waktu, tidak banyak mengeluh meski terbentur kegiatan – kegiatan yang bersamaan.

4. Mental fokus makin terlatih

Selain dituntut mengatur waktu secara baik, Anda juga dituntut menjalani keduanya dengan tetap fokus. Saat berpikir mengenai pekerjaan Anda harus menjauhkan pikiran dari soal pelajaran kampus. Begitu pula sebaliknya, urusan pekerjaan harus disingkirkan untuk sementara waktu pada saat Anda fokus soal kuliah.

5. Semakin baik beradaptasi

Lingkungan kuliah dan lingkungan kerja memiliki perbedaan. Kuliah sambil bekerja mengharuskan Anda beradaptasi pada kedua lingkungan tersebut dengan baik. Kadang ada kesulitan beradaptasi saat harus beralih dari urusan kuliah ke urusan kerja. Contoh ; saat urusan kuliah yang menumpuk dan Anda merasa kesal karena ada yang belum terselesaikan. Pada saat yang hampir bersamaan Anda harus menghadapi seorang client atau pelanggan untuk urusan pekerjaan. Anda tentu harus bisa beradaptasi dengan baik. Menghilangkan raut masam pada wajah akibat urusan kuliah dan menjadi murah senyum dan santun dalam urusan pekerjaankuliah-sambil-bekerja

Semakin lama dan sering berganti suasana antara kuliah dan bekerja membuat Anda semakin terlatih beradaptasi dengan baik.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

1 Comment
  1. 11 months ago
    Kampung Inggris

    Sepertinya kuliah sambil kerja menarik…. saya menyesal dulu ngga’ kerja saat masih kuliah…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *