Kurang Olahraga Dan Istirahat, Penyebab Ngantuk Nomor 1

Mengantuk adalah tanda – tanda wajar yang diberikan tubuh untuk segera beristirahat. Tanda semacam ini paling sering datang pada malam hari saat tubuh sudah merasa lelah. Namun terkadang, rasa mengantuk juga bisa datang tanpa kenal waktu.  Kapan pun mengantuk itu datang, penyebab ngantuk rata – rata memiliki kesamaan yaitu kurang olahraga dan kurang istirahat.

Kurang Olahraga

Spesialis kedokteran olahraga dari Slim+ Health Sport Therapy, dr. Michael Triangto SpKO memberikan penjelasan bahwa salah satu penyebab ngantuk adalah kurang berolahraga.

”Olahraga yang tepat intensitasnya adalah yang dilakukan hingga mencapai zona latihan (training zone) diri orang tersebut, dan dilakukan secara teratur. Jika tidak optimal, mungkin tubuh akan tetap loyo. Atau sebaliknya, dia makin mudah mengantuk karena tubuh terlalu lelah akibat olahraga berlebihan,”

Jadi, lakukan olahraga secara teratur tapi pada waktu yang tidak terlalu dekat dengan waktu tidur seperti pagi hari. Paling tidak ada selisih kurang lebih tiga jam antara waktu berolahraga dengan waktu tidur. Sebab, saat olahraga usai, tubuh akan memproduksi andrenalin dalam jumlah banyak yang menyebabkan sulit tidur. Setelah beberapa saat, andrenalin ini akan turun dan tubuh menjadi rileks. Anda pun akan mudah mendapatkan tidur yang nikmat.

Kurang istirahat

Seperti halnya poin sebelumnya, penyebab ngantuk yang sering dialami banyak orang adalah kurang istirahat.

Secara normal, orang dewasa harus tidur antara 7 – 8 jam setiap hari untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Bila waktu tersebut belum terpenuhi, secara fisilogis tubuh akan jadi seperti alarm yang mengingatkan agar segera istirahat. Respon yang muncul adalah berupa rasa mengantuk. Tidak peduli apakah Anda sedang menjalani aktifitas penting di jam – jam produktif, bila tubuh sudah perlu istirahat, rasa mengantuk pastilah akan datang menghampiri.

Bila Anda mengindahkan peringatan tersebut dan mencari tempat untuk pergi tidur walau sebentar, maka setelah bangun tubuh Anda akan terasa bugar kembali. Hal tersebut dikarenakan pada saat tidur tubuh memanfaatkan asam laktat atau zat kelelahan untuk diolah menjadi cadangan energi.

Bila sebaliknya, Anda tidak mengindahkan peringatan tersebut dan Anda tetap melaksanakan aktifitas, Anda akan diserang rasa mengantuk yang semakin hebat yang membuat Anda susah berkonsentrasi.

Waktu terbaik untuk mengolah asam laktat adalah waktu terbaik yang memungkinkan Anda mendapatkan istirahat dan tidur yang berkualitas. Biasanya terjadi malam hari antara pukul 00.00 hingga pukul 02.00 dinihari. Karena itu, biasakanlah tidur pada jam – jam tersebut agar produksi energi tubuh lebih maksimal. Selain itu juga membantu kinerja hati dalam membuang racun tubuh menjadi lebih baik dan lebih sempurna.

Selain kedua sebab di atas, masih ada banyak lagi hal – hal yang menyebabkan Anda mudah mengantuk bahkan di saat sedang beraktifitas.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *