Lakukan Pertolongan Pertama Saat Anak Demam

Demam merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bila menyerang anak-anak sering kali membuat orang tua panik dan gelisah. Berbagai upaya pasti dilakukan agar demam anaknya segera reda dan anak kembali ceria. Namun, kadang orang tua bingung bagaimana memberikan pertolongan pertama saat anak demam karena pikiran sudah terlanjur kalut.

Apapun yang menjadi sebab, demam pada anak-anak sering ditandai dengan berbagai gejala seperti suhu badan naik, terasa panas, wajah pucat, keluar keringat terus menerus dan rasa tidak nyaman.

Pertolongan Pertama Saat Anak Demam

Pertolongan terbaik sebenarnya segera membawa ke dokter atau tempat layanan kesehatan terdekat agar segera ditangani secara serius. Tapi, bila belum sempat karena berbagai hal, orang tua bisa memberikan pertolongan pertama di rumah untuk meringankan demam pada anak.

  1. Berikan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Bisa dengan minuman atau makanan yang mengandung banyak air.
  2. Pakaikan anak dengan pakaian berbahan ringan dan tutup dengan selimut tipis.
  3. Bila anak ingin makan, berikan makanan yang diinginkan. Jangan paksa anak untuk makan bila tidak menginginkannya.
  4. Berikan Ibuprofen atau Paracetamol sesuai petunjuk dalam kemasan untuk meringankan demam, dan jangan beri aspirin karena efek sampingnya terlalu berbahaya buat anak-anak.
  5. Jangan kompres dengan air es saat sedang panas tinggi.
  6. Jangan memandikan dengan air dingin.
  7. Biarkan anak istirahat dengan tenang dan jangan diganggu.
  8. Bila demam anak disertai muntah atau diare, sebaiknya segera ke dokter dan jangan ditunda-tunda. Dokter akan memberi solusi yang terbaik khususnya buah si anak.
sumber
Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *