counter Mengatasi Lampu Indikator Kertas Printer Epson L210 Menyala Merah – Sami Share

Info

Mengatasi Lampu Indikator Kertas Printer Epson L210 Menyala Merah

on

Kebetulan saya menggunakan beberapa printer dengan berbagai merek untuk menunjang aktivitas harian, salah satunya Epson L210. Beberapa waktu lalu printer Epson L210 itu mengalami trouble, tidak mau ngeprint atau mencetak. Lampu indikator kertas pada printer menyala berkedip warna merah.

Kronologi kejadiannya begini; Saat sedang mencetak, ternyata ada salah satu ujung kertas yang agak tertekuk. Kertas bisa masuk namun tersangkut di dalam menyebabkan printer berhenti bergerak, mengeluarkan suara keras dan lampu indikator kertas menyala merah. Spontan tombol power saya tekan untuk mematikan printer. Tutup printer kemudian saya buka, saya keluarkan kertas perlahan – lahan.

Printer kemudian saya nyalakan lagi. Namun, lampu indikator kertas masih tetap menyala merah dan saat dicoba untuk mencetak, printer tak mau mencetak. Saya mencoba menekan tombol stop untuk mematikannya, tapi tetap masih menyala. Saya coba lagi menekan kurang lebih 3 detik kemudian saya lepaskan dan tekan lagi selama 5 detik seperti saat mematikan lampu indikator tinta yang menyala merah. Ternyata lampu indikator kertas masih tetap menyala merah dan belum mau mati.

Lampu indikator kertas printer Epson L210 menyala merah

Setelah agak lama dibikin pusing, masalah akhirnya bisa dipecahkan dan printer bisa ngeprint lagi normal. Ternyata caranya cukup mudah dan sederhana, tidak perlu dibawa ke tukang service atau memanggil teknisi untuk datang.

  1. Matikan power dan lepas colokan listrik dari printer.
  2. Setelah terlepas, colokkan lagi kabel power ke printer.
  3. Dalam keadaan printer masih off, tekan tombol indikator kertas (tombol stop) dan tahan.
  4. Sambil tetap menekan tombol stop, nyalakan printer dengan menekan tombol power. Tekan agak lama sekitar 5 – 10 detik sampai lampu indikator listrik pada tombol power menyala warna hijau.

Usai lampu indikator warna hijau menyala, baru saya lepaskan tekanan pada tombol stop. Dan alhamdulillah, lampu indikator kertas yang sebelumnya menyala merah akhirnya bisa mati. Printer kembali bisa saya gunakan dengan lancar. Problem solved.

Itulah sepenggal pengalaman saya mengatasi masalah lampu indikator kertas printer Epson L210 yang menyala merah. Barangkali Anda juga mengalaminya, mungkin cara itu bisa dicoba lebih dulu sebelum memutuskan membawa ke tukang service printer. Selain dapat pengalaman baru, bila berhasil Anda juga sudah berhemat biaya dan waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *