Inilah 4 Logo Kabupaten Paling Unik se-Indonesia

Logo–logo kabupaten dan kota berikut ini memang terbilang unik dan nyentrik. Tipikalnya sangat berbeda dengan logo–logo kabupaten dan kota yang lain.

Kebanyakan dan hampir merata, desain logo kabupaten dan kota selalu menyertakan gambar – gambar yang sudah umum untuk melambangkan sesuatu. Padi dan kapas biasa digunakan untuk melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran. Gambar senjata digunakan untuk melambangkan sikap patriotisme. Gambar insfraturktur untuk melambangkan pembangunan. Sedangkan gunung dan lautan melambangkan letak geografis.

Namun tidak untuk logo kabupaten dan kota berikut ini. Desainnya berbeda dari logo – logo kabupaten dan kota yang lain. Unik dan nyentrik.

Sekalipun unik, nyentrik, lain dari yang lain, bukan berarti logo – logo kabupaten dan kota tersebut tidak memiliki makna. Logo – logo tersebut sarat dengan makna dan harapan yang selalu dijaga dan dilestarikan oleh warganya.

Inilah 4 Logo Kabupaten dan Kota Paling Unik se-Indonesia

1. Kabupaten Sinjai – Sulawesi Selatan

LOGO KABUPATEN SINJAI

Andai tak ada tulisan SINJAI pada logo tersebut, bukan tak mungkin orang akan menyangka kalau gambar di atas adalah gambar bidak kuda dalam permainan catur.

Logo Kabupaten Sinjai provinsi Sulawesi Selatan ini sangat unik karena desain gambarnya nyaris tak ada kemiripan dengan logo – logo kabupaten yang lain. Tak ada gambar bintang untuk melambangkan ketuhanan, tak ada gambar padi dan kapas untuk melambangkan kemakmuran, tak ada pula gambar gunung atau laut untuk melambangkan geografis.

Namun, bukan berarti tak ada arti. Logo yang telah disahkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sinjai Nomor 6/PERDA/DPRD-1974 tersebut mengandung makna yang sangat mendalam.

2. Kabupaten Sumenep – Jawa Timur

LOGO KABUPATEN SUMENEP

Berbentuk perisai dengan lima sudut, logo Kabupaten Sumenep provinsi Jawa Timur ini terlihat unik dan nyetrik. Desainnya sangat simpel, sekilas yang terlihat hanya gambar kuda terbang warna emas dan pita putih bertuliskan “SUMEKAR” di bagian bawahnya.

Bila ditelusur lebih dalam, logo Kabupaten Sumenep ini memiliki makna yang sangat besar. Kuda bersayap melambangkan keberanian dan sikap patriotisme yang tinggi. Warna emas digunakan untuk mengagungkan Tuhan Yang Maha Esa. Tulisan “SUMEKAR” memiliki makna semakin mekar dan berkembang. Sangat sesuai dengan cita – cita Pancasila untuk mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat.

Begitupun dengan pemilihan warna dasar perisai yaitu hijau dan garis hitam yang mengelilinginya. Masing – masing memiliki makna luar biasa. Anda bisa melihatnya di sini.

3. Kabupaten Kaimana – Papua Barat

LOGO KABUPATEN KAIMANA

Dari penampilannya, logo Kabupaten Kaimana langsung terlihat kesan keperkasaan, kegagahan dan penuh semangat. Tak ada gambar untaian padi dan kapas serta gelombang lautan. Kekayaan hasil alam dan hasil laut digambarkan secara simpel dalam warna dasar hijau dan biru. Tulisan KABUPATEN KAIMANA di atas tifa besar melambangkan nilai – nilai kebudayaan warga Kaimana untuk selalu dijaga dan dilestarikan sebagai warisan budaya Indonesia. Di atasnya, gambar burung rajawali  membusung dada siap terbang menyongsong masa depan cerah.

4. Kota Kediri – Jawa Timur

LOGO KOTA KEDIRI

Logo Kota Kediri masuk dalam daftar logo terunik untuk daerah tingkat II. Jika hanya dipandang sekilas, orang akan menyangka kalau gambar di atas bukanlah sebuah logo kota. Desainnya sangat unik dan klasik, nampak seperti patung atau gambar relief yang biasa terdapat pada sebuah candi.

Tapi jangan salah, logo Kota Kediri yang terdiri dari Buto Locoyo, Perisai, Macan Putih (Sri Aji Joyoboyo), Bunga Melati, Padi dan Kapas, Dewi Kilisuci, Pita “Djojo ing Bojo”, Sayap berbulu 17 dan 8 dan ekor berbulu 4 dan 5 ini memiliki makna besar didalamnya. Ada makna kejujuran, kesetiaan, kewaspadaan, kemakmuran, patriotisme, serta makna besar lainnya.

Itulah 4 Kabupaten / Kota Dengan Logo Paling Unik se-Indonesia. Semuanya adalah warisan kekayaan dan budaya bangsa Indonesia yang perlu dihormati, dijaga dan dilestarikan.

Ada lagi yang lain ?

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *