Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Pengertian Makanan 4 sehat 5 sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah konsep makanan sehat yang dikampanyekan pemerintah sejak tahun 1955. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, makanan sehat adalah makanan yang mengandung 4 sumber nutrisi yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu. Jika dilihat dari kandungannya, makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh.

Makanan Pokok

Nasi

Berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan energi. Yaitu makanan yang banyak mengandung zat tepung atau karbohidrat seperti roti gandum, singkong, nasi, jagung, serta sagu.

Lauk Pauk

800px-Food_Sundanese_Restaurant,_Jakarta

Berfungsi untuk membangun jaringan tubuh yang baru dan mengganti yang rusak serta menjaga keseimbangan asam basa. Yaitu makanan yang banyak mengandung protein.
Juga berfungsi untuk melarutkan berbagai vitamin, membangun bagian-bagian sel tertentu, serta untuk pelindung tubuh dari suhu rendah. Yaitu makanan yang mengandung lemak.
Contoh lauk pauk adalah daging, ikan, telor, tahu, tempe, kepiting, kacang-kacangan, jagung manis, kelapa dan metega.

Sayur-sayuran

Sayur

Berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Yaitu makanan yang mengandung vitamin dan mineral.
Contoh sayur adalah bayam, sawi, buncis, kangkung, seledri, brokoli, kol, tomat, jamur, wortel, timun, daun pepaya, daun bawang, terong, kacang panjang, lembayung dan sebagainya.

Buah-buahan

Buah Buahan

Hampir sama dengan sayuran, buah-buahan juga berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi, komponen enzim-enzim, dan aktivitas persarafan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Yaitu makanan yang mengandung vitamin dan mineral.
Contoh buah adalah Pisang, Pepaya, Nanas, Salak, Mangga, Kelengkeng, Melon, Semangka, Jeruk, Jambu Air, Anggur, Sirsak, Apel, Rambutan, Alpukat, Jambu biji, Stroberi, Bluberry dan sebagainya.

Susu

Segelas susu

Susu segar kaya akan nutrisi, diantaranya protein, vitamin D, kalsium, vitamin B12, vitamin A, fosfor, riboflavin, dan niacin. Diantara manfaat susu adalah :

  1. Membentuk otot,
  2. Pertumbuhan tulang untuk bayi,
  3. Mencegah osteoporosis pada orang dewasa,
  4. Mengurangi risiko hipertensi,
  5. Mengurangi risiko penyakit jantung,
  6. Menghaluskan kulit,
  7. Melancarkan pencernaan,
  8. Mencegah Kerusakan Gigi,
  9. Mencegah Kanker Usus,
  10. Dan sebagainya

Tujuan dari menerapkan pola makanan 4 sehat 5 sempurna adalah tercukupinya nutrisi dan gizi bagi tubuh, sehingga tubuh selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

1 Comment
  1. 12 months ago
    oho

    kuntulnya besar

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *