4 Jenis Makanan Paling Dibutuhkan Remaja Usia Puber

Seperti ditulis dalam laman wikipedia, masa puber adalah saat dimana terjadi perubahan fisik dan psikis pada seorang anak. Pada masa puber pula fungsi xsual mengalami pematangan. Biasanya masa puber terjadi saat menginjak usia 8 sampai 10 tahun. Namun ada pula yang mengalaminya pada usia lebih dari itu hingga usia maksimal puber kurang lebih 15 – 16 tahun. Masa puber juga merupakan masa peralihan dari usia anak – anak menjadi remaja. Anak yang mengalami masa ini sudah bisa dikatakan sebagai seorang remaja, remaja usia puber.

Remaja Usia Puber

Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan maksimal pada saat mengalami pubertas, dibutuhkan beberapa hal penting. Salah satunya adalah asupan gizi dan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi.

Orang tua harus tanggap manakala anak mendekati usia puber. Asupan gizi harus benar – benar diperhatikan agar selalu seimbang. Dari beberapa makanan yang memiliki banyak manfaat untuk usia pertumbuhan, ada 4 jenis makanan paling dibutuhkan remaja usia puber karena kandungan nutrisi dan gizinya sangat dibutuhkan pada masa tersebut.

Pertama; Produk olahan susu

Mengapa susu dan produk olahannya begitu penting bagi remaja usia puber? Setidaknya karena satu alasan. Produk olahan susu memiliki dua kandungan gizi penting untuk perkembangannya, yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium bermanfaat membangun jaringan tulang selama mengalami proses pubertas. Paling tidak, sebanyak 1.300 mg kalsium per hari harus dikonsumsi bagi remaja usia puber antara 13 sampai 19 tahun.

Sedangkan untuk vitamin D, usia puber membutuhkan setidaknya 600 mg dalam sehari. Kebutuhan ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi produk olahan susu baik itu yang berupa makanan atau minuman seperti Yoghurt, es krim, permen susu, keju, susu kental manis, dan susu bubuk.

Produk Olahan Susu - Makanan Sehat Remaja Usia Puber

Kedua; Makanan berprotein tinggi

Dalam rangka pembentukan dan pertumbuhan jaringan sel-sel dan otot, remaja usia puber sangat membutuhkan zat protein yang mencukupi. Untuk remaja laki – laki paling tidak membutuhkan 52 gr protein, sedangkan remaja cewek butuh sekitar 46 gr per hari.

Ada banyak pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan protein mereka. Orang tua bisa memilihkan sumber protein terbaik bagi mereka baik yang berasal dari hewan seperti daging tanpa lemak, ikan, daging unggas, telur, udang, dan juga susu. Atau protein yang bersumber dari tumbuhan seperti hasil olahan kedelai ( tahu, tempe, susu kedelai ), kacang – kacangan ( kacang almond, kacang hijau, kacang tanah, kacang panjang, kacang polong, dan lainnya ), sayuran ( bayam, brokoli, kentang dan lainnya ) serta berbagai produk olahan.

Ketiga; Makanan yang memiliki banyak kandungan zinc dan zat besi

Zinc dan zat besi merupakan dua jenis mineral untuk perkembangan sehat bagi anak yang memasuki masa puber. Ada perbedaan tingkat kebutuhan mineral zat besi antara remaja usia puber laki – laki dan perempuan. Perempuan cenderung membutuhkan mineral ini lebih banyak dari pada laki – laki karena mineral zat besi di tubuh mereka berkurang cukup drastis bersamaan dengan menstruasi. Remaja perempuan membutuhkan paling tidak 15 mg, sedangkan remaja laki – laki hanya sekitar 11 mg saja. Sumber zat besi terbaik adalah daging tanpa lemak. Disusul kemudian makanan laut, kacang – kacangan, telur, biji – bijian serta buah kering.

Tak kalah pentingnya dengan mineral zat besi adalah zinc atau seng. Mineral ini memiliki fungsi antioksidan atau penangkal racun dan radikal bebas yang merusak sel jaringan tubuh. Zinc juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Remaja usia puber biasanya mengalami peningkatan gerak tubuh. Mereka jadi lebih agresif seiring dengan meningkatnya interaksi mereka dengan berbagai macam hal. Tak urung hal ini membuat kondisi kesehatan fisik mereka juga rentan terganggu. Tanpa adanya sistem perlindungan dari dalam tubuh, bukan tak mungkin remaja usia puber akan mudah terkena penyakit.

Karena itu nutrisi mineral zinc mutlak dibutuhkan bagi mereka. Zat ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan sumber zinc seperti ayam, dapi, domba, telur, tiram, biji labu, kacang hijau, jamur, alpukat, rumput laut, dan spirulina atau ganggang hijau. Untuk nama terakhir atau spirulina, makanan ini sangat super sekali. Dalam 1 gram saja kandungan nutrisinya hampir seimbang dengan 500 gram buah – buahan dan sayuran hijau.

Daging Tanpa Lemak - Makanan Sehat Remaja Usia Puber

Keempat; Nutrisi Esensial untuk program diet

Nutrisi esensial adalah nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk memenuhi nutrisi jenis ini, orang perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gizi lengkap meliputi karbohidrat, lemak, protein, segala jenis vitamin serta mineral.

Bagi remaja usia puber, pemenuhan nutrisi esensial sangatlah penting. Namun porsi dan takarannya tidak boleh berlebihan. Yang terbaik adalah nutrisi esensial untuk program diet. Nutrisi semacam ini menciptakan tubuh yang sehat tanpa khawatir berat badan akan bertambah alias bertambah gemuk.

Sumber makanan terbaiknya adalah makanan yang mengandung protein tinggi, lemak tak jenuh, mineral, vitamin dari buah dan sayuran serta karbohidrat secukupnya. Lemak tak jenuh penting untuk pertumbuhan otak.

Sedangkan untuk menciptakan atau mengembalikan energi yang hilang, oatmeal adalah salah satu pilihan makanan terbaik. Selain mengandung lemak tak jenuh, oatmeal memiliki kandungan serat dalam jumlah sangat banyak. Oatmeal sangat baik dikonsumsi remaja usia puber. Efek dari kadar kandungan seratnya membuat perut merasa kenyang dalam waktu lama. Dengan begitu, tidak mudah terangsang untuk makan makanan yang lain. Risiko berat badan bertambah yang menjadi awal dari banyak penyakit pun bisa diantisipasi.

Pengetahuan dan pemahaman tentang 4 jenis makanan paling dibutuhkan remaja usia puber tersebut sangat penting terutama bagi orang tua yang anaknya mendekati masa peralihan menjadi dewasa atau pubertas. Tujuannya agar bisa mempersiapkan sejak awal kebutuhan konsumsi terbaik untuk kesehatan dan perkembangan tubuh anak.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *