10 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Jantung

Jantung termasuk pada kategori organ tubuh vital. Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila kinerja jantung anda terganggu, maka otomatis pasokan darah ke seluruh tubuh akan terhambat. Kinerja jantung akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Untuk mencegah hal tersebut maka anda harus menjaga kesehatan jantung.

Terdapat banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung, mulai dari berolahraga, gaya hidup sehat, dan mengonsumsi jenis makanan – makanan tertentu. Berbicara tentang makanan, berikut 10┬ámakanan terbaik untuk kesehatan jantung

1. Teh

Teh kaya akan polifenol. Mengonsumsi teh bisa menurunkan resiko terkena penyakit kronis yang berkaitan dengan radikal bebas tak terkecuali penyakit jantung. Beberapa ahli kesehatan meyakini bahwa polifenol dapat mencegah kolesterol buruk dari oksidasi yang menyumbat pembuluh darah. Minumlah teh secara rutin, dan jadikan sebagai gaya hidup.

2. Ikan

Ikan mengandung asam lemak Omega 3. Kandungan ini berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida dan membantu menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi ikan yang kaya asam lemak Omega 3 per minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 36%.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber makanan rendah lemak dan sangat kaya vitamin B, kalium, besi, folat, magnesium, protein, fitokimia, dan serat. Kacang hitam, kacang merah, kacang navy, kacang almond, dan kacang polong adalah beberapa jenis kacang yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung serat, fitokimia, magnesium, karotenoid, folat, kalsium dan potasium. Kandungan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung adalah karotenoid. Kandungan ini akan secara aktif menurunkan resiko penyakit mematikan tersebut.

5. Paprika

Paprika kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium, dan antioksidan. Kalium pada paprika dapat menjaga keseimbangan cairan yang berperan dalam kontraksi otot. Jika anda menderita darah tinggi, dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan kalium untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

6. Buah Berry

Buah berry sangat kaya akan antioksidan. Selain itu, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa makan buah berry bisa membantu meningkatkan tingkat HDL.

7. Bawang Putih

Studi menunjukkan bahwa bawang putih sangat berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit kardiovaskular seperti trombosit dan kolesterol. Bawang putih disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan segar.

8. Gandum

Gandum adalah sumber kalori yang kaya serat, vitamin, zat besi, magnesium, mineral dan folat. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi gandum mampu menurunkan kolesterol darah dan mencegah penyakit kardiovaskuler. Sereal gandum dan pasta gandum adalah makanan yang baik untuk jantung.

9. Beras

Sebuah studi menunjukkan fakta bahwa mengonsumsi beras mampu memberi vitamin esensial dan mineral termasuk kalium, asam folat, dan vitamin C. Studi tersebut juga menemukan fakta bahwa mengonsumsi beras dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

10. Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Jeruk juga kaya akan antioksidan, folat, fitokimia, kalium dan serat. Vitamin C sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Serat pada jeruk dapat membantu menurukan kolestrol darah.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit jantung merupakan salah pembunuh nomor satu di dunia. Dengan fakta tersebut, maka anda harus mampu menjaga kesehatan jantung dengan baik. Beberapa makanan di atas sangat wajib untuk dikonsumsi secara rutin supaya anda terus memiliki jantung yang sehat.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *