Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Sebagaimana diketahui bersama, penderita diabetes wajib menjaga pola makannya agar kadar gulanya yang tinggi bisa dikontrol dan dikembalikan menjadi normal. Karena itu, penderita diabetes memerlukan diet cukup ketat dalam hal mengkonsumsi makanan atau minuman.

Beberapa makanan baik dikonsumsi penderita diabetes seperti beras merah, daging ayam tanpa kulit, tahu, tempe, sayuran berserat dan beberapa jenis buah seperti Jeruk, apel, pepaya, jambu air, salak, dan belimbing. Namun, tidak sedikit pula jenis makanan yang wajib dihindari dikarenakan sifat dan kandungannya justru tidak menurunkan gula darah, atau dapat menimbulkan gangguan sistem tubuh yang lain.

Makanan – makanan berikut adalah diantara beberapa makanan yang wajib dihindari penderita diabetes seperti dikutip dari gizi.depkes.go.id (09/2013).

Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Abon, Keju, Susu Full Cream, Dendeng, Nangka, Durian, Kurma, Alpukat, Minuman Beralkohol, Manisan Buah. Susu Kental Manis, Es Krim, Soft Drink, Susu, Yoghurt, Gula Pasir, Gula Batu, Gula Merah, Madu Makanan/Minuman Yang Manis Seperti Kue-Kue Manis, Cake, Tarcis, Dodol, Sirup, Coklat, Selai Manis, Permen, Mayonaise, Tapai.

Sekali lagi, Agar gula darah kembali normal dan terkendali, penderita diabetes harus selalu menerapkan pola hidup sehat baik dari segi pola makan, olah raga maupun yang lain.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *