Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Sebagaimana bawang putih yang selalu hadir dalam aneka masakan Indonesia, bawang merah pun demikian. Hampir tidak pernah ketinggalan dalam setiap racikan bumbu masakan. Keberadaannya mampu menambah rasa sedap dan lezat suatu hidangan.

Tidak hanya di Indonesia, bawang merah juga terkenal dan menjadi primadona resep masakan dunia. Di Jawa, bawang merah dikenal dengan sebutan brambang. Penggunaan bawang merah untuk penyedap masakan meliputi umbi, daun serta tangkai bunganya. Yang paling sering dipakai adalah umbinya.

Bawang merah

Bawang merah memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi. Dalam setiap 100 gram, Bawang Merah mengandung energi sebesar 39 kilokalori, protein 1,5 gram, karbohidrat 0,2 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 36 miligram, fosfor 40 miligram, dan zat besi 1 miligram. Bawang Merah juga memiliki kandungan vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 2 miligram.

Tidak mengherankan bila bawang merah memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Bawang merah bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti sembelit, batuk, sakit tenggorokan dan penyakit lainnya. Juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti berikut :

1. Melancarkan buang air besar

Bawang merah mengandung banyak serat yang bermanfaat melancarkan buang air besar. Bawang merah juga bermanfaat melawan racun yang ada dalam usus.

2. Menstabilkan kadar kolesterol

Bawang merah juga bermanfaat menstabilkan kadar kolesterol. Dengan mengkonsumsi bawang merah, kolesterol tubuh akan terjaga pada jumlah yang normal sehingga membantu mencegah risiko terkena penyakit jantung.

Irisan bawang merah pada sate bermanfaat sebagai penawar kolesterol.

Irisan bawang merah pada sate bermanfaat sebagai penawar kolesterol.

3. Mengatasi berbagai masalah tenggorokan

Bawang merah juga efektif digunakan untuk mengatasi berbagai masalah tenggorokan seperti batuk, sakit tenggorokan juga pilek. Cukup dengan cara bawang merah dihaluskan dicampur dengan madu dan sedikit jahe, lalu dicampur air. Minum ramuan bawang merah, madu dan jahe tersebut 2 kali sehari.

4. Mencegah diabetes

Bawang merah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Menurut penelitian, mengkonsumsi bawang merah dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes dan juga menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Akan lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Bawang merah memiliki kandungan quercetin yang bermanfaat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh serta mencegah risiko stroke yang disebabkan penyakit jantung. Selain itu, dengan lancarnya sirkulasi darah, tubuh juga terhindar dari kemungkinan hipertensi atau penyakit darah tinggi.

6. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat bawang merah berikutnya adalah mencegah risiko terkena kanker. Bawang merah mengandung sulfur yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker seperti kanker paru-paru, kanker rahim, kanker prostat dan kanker payu ****.

Bawang merah goreng

Bawang merah goreng

7. Obat turun panas pada anak

Bawang merah cukup manjur digunakan untuk mengobati sakit panas pada anak dan balita. Caranya cukup sederhana dan sangat mudah. Parut bawang merah 1 – 3 buah. Campurkan minyak kelapa atau minyak telon hingga merata. Balurkan pada leher, dada, punggung dan perut anak. Akan lebih baik bila dilakukan saat hendak tidur sehingga anak tidak merasa terganggu oleh aroma bawang merah parut tadi.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat bawang merah bagi kesehatan. Jadi, tak perlu ragu untuk tetap mengkonsumsi bawang merah. Selama tidak berlebihan, mengkonsumsi bawang merah akan memberikan manfaat dan membantu tubuh tetap sehat.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *