Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih selama ini kita kenal sebagai salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Dengan menambahkan sedikit bawang putih, masakan apa saja akan menjadi lebih sedap dan lezat. Tak heran bila bawang putih selalu tersedia di setiap dapur Indonesia. Selain murah, bawang putih juga mudah di dapat dan tidak cepat membusuk.

Selain berrmanfaat menambah kelezatan setiap masakan, bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan. Bawang putih mengandung banyak zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin c, kalsium, zat besi, karbohidrat, dan serat. Bawang putih telah digunakan sejak dahulu oleh nenek moyang sebagai media untuk pengobatan secara alami dan tradisional. Hingga saat ini, bawang putih tetap digunakan sebagai media alternatif pengobatan di beberapa daerah di Indonesia. Tentunya, hal ini tidak lepas dari banyaknya khasiat yang bisa didapat dari mengkonsumsi bawang putih.

Berikut adalah 8 manfaat bawang putih bagi kesehatan.

1. Anti kanker

Ada satu kandungan bawang putih yang bermanfaat mencegah kanker yaitu dialil sulfida. Zat inilah yang memiliki kemampuan melawan kanker dan mencegah terjadinya kanker.

Sebuah studi yang dilakukan 60 tahun lalu mengungkap bahwa negara – negara dengan konsumsi bawang putih tinggi memiliki tingkat penderita kanker lebih rendah dibandingkan negara – negara dengan konsumsi bawang putih rendah. Berbagai kanker bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih seperti kanker rahim, kanker kulit dan kanker perut.

2. Mengobati penyakit diabetes

Diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah mengalami peningkatan. Biasanya terjadi setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula. Semakin banyak kadar gula pada makanan yang dikonsumsi, akan semakin tinggi pula peningkatan kadar gula darah. Bila tidak diobati atau dicegah, efeknya sangat berbahaya bahkan bisa berakibat sangat buruk yaitu kematian.

Mengkonsumsi bawang putih bawang putih bisa menjadi alternatif alami mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

3. Menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat

Mengkonsumsi bawang putih juga ampuh untuk menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat dalam tubuh yang biasa menjadi salah satu sumber penyakit. Penurunannya bisa mencapai 10-15%. Namun tidak perlu cemas, bawang putih tidak terlalu berpengaruh bagi kadar HDL (high-density lipoproteins) atau kolesterol baik dalam tubuh.

4. Melindungi jantung

Sering menghirup oksigen yang bercampur dengan radikal bebas dapat menimbulkan masalah kesehatan jantung. Bawang putih memiliki khasiat menangkal radikal bebas sehingga sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung dari serangan radikal bebas yang bertebaran.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi bawang putih juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menggunakan bawang putih jenis tertentu untuk menurunkan tekanan darah tinggi lebih cepat dari bawang putih jenis lain.

6. Memperlancar sirkulasi darah

Bawang putih memiliki kandungan ajoene, yaitu pengencer darah yang dapat menghambat pembekuan darah dan atherosclerosis (pengerasan pembuluh darah akibat pengendapan lemak dalam pembuluh darah). Dengan mengkonsumsi bawang putih darah akan mengalir lebih lancar.

7. Ampuh meredakan sakit gigi

Bawang Putih Untuk Sakit Gigi

Sakit gigi biasanya lebih banyak disebabkan karena bakteri yang melekat pada gigi dan gusi. Sebagai antivirus dan antibakteri, bawang putih efektif digunakan untuk meredakan sakit gigi dan gusi. Caranya bawang putih diuleg atau ditumbuk hingga halus menjadi pasta. Tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Bila merasa kurang nyaman, gunakan kain tipis untuk membungkus dan tempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan 3 – 4 kali dalam sehari hingga reda atau sembuh.

8. Mencegah penyakit kulit

Kandungan ajoene bawang putih memiliki khasiat mengencerkan darah yang membeku dan dapat memperlancar sirkulasi darah. Dengan lancarnya sirkulasi darah, infeksi jamur yang biasa menjadi sebab penyakit kulit dapat dibasmi sehingga kulit tetap terjaga dari berbagai penyakit.

Itulah 8 manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh Anda. Jadi tak perlu ragu untuk tetap mengkonsumsi bawang putih. Tentunya secara wajar dan tidak berlebihan.

Selamat makan bawang putih ! 

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *