Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Jeruk merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat tubuh. Selain rasanya yang manis dan segar, manfaat buah jeruk bagi kesehatan dan kecantikan ternyata sangat luar biasa. Buah jeruk bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C ini mudah sekali ditemukan baik di perkotaan maupun di pelosok desa. Hal ini dikarenakan budidaya buah jeruk sangat mudah dan bisa dilakukan di berbagai tempat. Harga buah jeruk juga terjangkau berbagai kalangan bahkan bisa dikatakan sangat murah bila melihat besarnya kandungan gizi dan manfaatnya.

Buah jeruk bisa langsung dikonsumsi tanpa harus diolah terlebih dahulu. Namun bagi yang ingin mengkonsumsinya sebagai olahan atau produk, saat ini sudah sudah banyak jenis makanan dan minuman yang dibuat dari bahan baku buah jeruk.

Buah jeruk memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi. Selain vitamin C yang sangat banyak, buah jeruk juga mengandung kalori, protein dan serat. Buah jeruk juga memiliki kandungan karbohidrat, lemak dan mineral yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi tubuh.

11 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan

Manfaat buah jeruk

1. Menurunkan risiko kanker hati

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin A yang disebut dengan carotenoid. Kandungan ini bermanfaat mencegah pertumbuhan kanker. Dengan menkonsumsi buah jeruk – terutama jeruk mandarin – akan menurunkan risiko terkena penyakit kanker hati.

2. Menurunkan kolesterol darah

Buah jeruk bermanfaat juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebab meski sebagian besar kandungan buah jeruk adalah air, namun buah ini memiliki kandungan serat yang sangat banyak.

3. Menjaga kesehatan jantung

Bagi yang memiliki keluhan kesehatan jantung, makan buah jeruk sangat baik karena buah jeruk mengandung kalium yang bermanfaat menjaga kestabilan detak jantung. Dengan begitu makan buah jeruk bisa mencegah keluhan detak jantung tidak teratur atau kardiak aritmia.

4. Melawan radikan bebas

Rajin mengkonsumsi buah jeruk bisa bikin tubuh makin kebal penyakit. Hal ini dikarenakan buah jeruk kaya dengan vitamin C yang memiliki kemampuan menangkal dan melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

5. Menangkal infeksi virus

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah jeruk memiliki kandungan polyphenol yang mampu menangkal dan melindungi tubuh dari serangan infeksi virus berbahaya.

6. Mengatasi sembelit dan susah buang air besar

Susah buang air besar, buah jeruk bisa jadi alternatif. Selain menurunkan kadar kolesterol dalam darah, makan buah jeruk membantu mengatasi masalah sembelit dan susah buang air besar.

7. Menjaga mata tetap sehat

Selain mencegah pertumbuhan kanker hati, kandungan vitamin A buah jeruk bermanfaat pula menjaga mata tetap sehat selayaknya manfaat buah wortel dan terhindar dari berbagai penyakit mata seperti rabun, katarak dan lainnya.

8. Mengontrol tekanan darah

Buah jeruk terkenal memiliki kandungan flavonoid, yaitu salah satu zat antioksidan dan pencegah kanker dengan cara menjaga kestabilan tekanan darah. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin bisa membuat tubuh makin jauh dari kanker karena kandungan tekanan darah selalu stabil. Selain pada buahnya, kandungan flavonoid banyak terdapat pada kulitnya. Dan Anda masih bisa mendapatkannya dengan cara menjadikannya sebagai campuran bumbu masak atau menyisakan serabut putih pada saat mengupas.

9. Menyembuhkan sariawan

Manfaat buah jeruk lainnya adalah menyembuhkan sariawan. Penyakit yang satu ini memang menyakitkan. Rasanya yang perih saat tersentuh makanan atau minuman membuat selera makan menghilang dan sangat menderita. Makanlah buah jeruk baik saat sehat maupun sedang terkena sariawan. Meski rasanya sangat menyengat, vitamin C buah jeruk diyakini paling cepat menyembuhkan sariawan.

10. Melindungi kulit dari penuaan dini

Kandungan beta carotene buah jeruk berfungsi sebagai antioksidan pelindung sel kulit dari kerusakan. Dengan rajin mengkonsumsi buah jeruk, kulit akan lebih tahan lama terlihat kencang dan terlindungi.

11. Mengontrol diet tubuh

Meski mengandung karbohidrat dan berasa manis, kadar glikemik indeks yang terdapat pada buah jeruk hanya berjumlah 40 hingga 44 sehingga tetap aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi buah jeruk tidak berisiko menimbulkan obesitas atau kegemukan sehingga berat badan serta gula darah yang menjadi salah satu faktor pemicu diabetes bisa lebih terkontrol. Jadi, mengkonsumsi buah jeruk sangat aman buat siapapun yang sedang menjalani program diet.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, buah jeruk juga bermanfaat bagi kecantikan tubuh dan rambut. Bahkan sekarang lebih mudah menemukan produk kecantikan yang berbahan jeruk tanpa harus bersusah payah membuat sendiri seperti shampoo, perawatan wajah, juga perawatan kulit.

Itulah beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan dan kecantikan. Dengan begitu, tak perlu ragu lagi mengkonsumsi buah jeruk, apapun jenisnya. Selama dalam takaran yang wajar dan tak berlebihan, tentu manfaatnya akan bisa didapat dan dirasakan oleh tubuh.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *