counter Manfaat Buah Petai, Bikin Otak Cerdas Hingga Bantu Berhenti Merokok – Sami Share

Info

Manfaat Buah Petai, Bikin Otak Cerdas Hingga Bantu Berhenti Merokok

on

Walaupun soal rasa tidak diragukan lagi kelezatannya, kebanyakan orang sangat tidak suka dengan yang namanya petai. Bau yang menyengat pada nafas air kencing setelah makan buah petai menjadi alasan yang hampir sama.

Buah petai sebenarnya memiliki kandungan gizi yang sangat besar serta manfaat yang sangat banyak. Petai mengandung 3 jenis gula alami yaitu fruktosa, glukosa dan sukrosa yang berkombinasi dengan kandungan serat. Kombinasi inilah yang kemudian menghasilkan zat energi yang bersifat instan akan tetapi cukup besar dan tahan lama.

Selain mengandung 3 jenis gula alami di atas, buah petai juga mengandung zat-zat gizi yang berguna bagi kesehatan seperti Karbohidrat, Vitamin A, Zat besi, dan Mineral.

Yang lagi HOT : Video Mirip Chelsea Islan Sedang Buka Baju Beredar di Internet

Petai

Buah Petai

Mengkonsumsi buah petai dalam jumlah yang wajar memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat. Berikut adalah beberapa manfaat buah petai bagi tubuh :

1. Meningkatkan Kemampuan Otak
Sebuah penelitian dilakukan terhadap 200 siswa di kota Twickenham, sebelah barat kota London dengan membiasakan mereka makan buah petai ketika sarapan pagi, saat istirahat dan ketika makan siang setiap hari. Hasilnya, 200 siswa tersebut mampu lulus sekolah dengan mudah. Penelitian ini membuktikan bahwa kandungan mineral kalium yang terdapat pada petai sangat tinggi. Kalium berfungsi meningkatkan kinerja otak serta menambah konsentrasi dalam berpikir.

2. Meningkatkan Energi
Kandungan gula alami pada buah petai berupa fruktosa, glukosa dan sukrosa yang berkombinasi dengan serat dengan cepat dapat menghasilkan zat energi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi dua porsi petai dapat memberikan energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktifitas berat selama satu setengah jam. Tidak mengherankan jika petai sangat digemari para atlet olahraga.

3. Mengatasi Depresi
Salah satu kandungan buah petai adalah Tryptophan, yaitu sejenis protein yang menjadi zat awal serotonin. Kandungan ini membantu otak menjadi rileks, memperbaiki suasana tubuh serta merangsang orang semakin bahagia. Sebuah organisasi konsultasi kesehatan, MIND pernah melakukan penelitian terhadap para penderita depresi. Sebagian besar mereka merasa lebih baik setelah rajin mengkonsumsi buah petai.

4. Mencegah Anemia
Anemia adalah berkurangnya sel darah merah atau berkurangnya jumlah hemoglobin dalam darah. Saat gejala anemia menyerang, kepala akan merasa pusing, pucat, sesak nafas, jantung berdetak tak teratur, kehilangan tenaga, kram serta susah tidur. Untuk menghindari anemia, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi karena zat besi berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Makanan seperti buah aprikot, jagung, telur, kangkung dan juga buah petai adalah beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Buah petai memiliki kadar mineral kalium yang sangat tinggi namun rendah garam. Kandungan ini sangat baik untuk melawan penyakit tekanan darah tinggi.

6. Mengatasi Sembelit
Jika anda merasa susah buang air besar atau sembelit, mungkin anda sedang mengalami gangguan pencernaan. Makan buah petai bisa menjadi salah satu cara agar buang air besar menjadi lancar karena buah petai memiliki banyak kandungan serat yang berfungsi menormalkan sistem pencernaan serta mempermudah buang air besar.

7. Anti Mabuk
Buat milkshake buah petai dengan cara campurkan susu dingin dan sedikit jus petai. Tambahkan madu agar rasa menjadi manis. Milkshake buah petai ditambah madu membuat perut menjadi tenang, mengembalikan kadar gula darah yang sempat drop, serta menormalkan kembali cairan tubuh yang hilang.

Petai Milkshake

Ilustrasi : Milkshake Petai

8. Mengurangi Risiko Obesitas
Sebuah penelitian yang dilakukan di Institute of Psychology Austria menyimpulkan bahwa kebanyakan kasus obesitas adalah dikarenakan tekanan yang tinggi saat kerja. Ya, tekanan tinggi saat kerja membuat banyak orang mencari cara untuk menenangkan diri. Salah satunya adalah dengan ngemil keripik dan makan coklat. Mereka memang bisa mendapatkan sedikit ketenangan dan relaksasi, namun mereka tidak menyadari bahwa kebiasaan ngemil adalah tidak baik untuk kesehatan. Untuk mengatasinya, dibutuhkan asupan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi dan bisa bertahan lama. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah petai.

9. Mengurangi Risiko Stroke
Berdasarkan sebuah riset yang ditulis dalam jurnal kesehatan Inggris “The New England Journal of Medicine” menuturkan bahwa mengkonsumsi buah petai sebagai makanan sehari – hari bermanfaat menurunkan risiko kematian yang disebabkan stroke hingga 40%.

10. Membantu Berhenti Merokok
Berhenti merokok bagi kebanyakan orang adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Selalu saja ada godaan dan rangsangan untuk kembali merokok. Cobalah untuk mengkonsumsi buah petai karena buah petai memiliki kandungan vitamin B6, B12, kalium serta magnesium yang membantu berhenti dari efek nikotin dalam tembakau atau rokok.

Sebenarnya masih ada banyak manfaat buah petai yang lain yang belum disebutkan. Penjelasan di atas setidaknya memberikan masukan bagi kita bahwa sekalipun dibenci banyak orang, buah petai ternyata memiliki manfaat luar biasa dan sangat berguna bagi kesehatan.

Dibandingkan dengan apel, buah petai memiliki keunggulan yang lebih. Kandungan karbohidratnya 2 kali lebih banyak, proteinnya 4 kali lebih banyak, vitamin A dan zat besinya 5 kali lebih banyak, mineral fosfornya 3 kali lebih banyak.

Selamat makan buah petai !

Recommended for you

2 Comments

  1. Pingback: 14 Tips Aman Menggunakan Toilet Umum | Sami Share

  2. Pingback: Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *