counter Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan Manusia – Sami Share

Info

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan Manusia

on

Menanam berbagai jenis bunga di pekarangan (halaman) rumah adalah salah satu cara untuk memperindah tampilan rumah, sehingga bila orang sedang melewati dan melihat depan rumah Anda, maka rumah Anda tersebut akan terlihat lebih asri dan indah.

Salah satu jenis bunga yang sering digunakan untuk tujuan tersebut adalah bunga sepatu. Jenis tanaman bunga yang memiliki nama latin Hibiscus Rosa Sinensis L ini merupakan tanaman perdu dengan bunga yang memiliki kelopak seperti lonceng. Bunga ini sendiri memiliki varian warna bunga yang beraneka ragam, mulai dari merah, pink, kuning, hingga putih, oleh sebab itu, jenis bunga ini sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah atapun depan pagar rumah Anda.

Selain berguna untuk memperindah tampilan rumah, ternyata bunga yang juga sering disebut dengan kembang sepatu ini juga mengandung beragam senyawa kimia yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan manusia serta mengobati beberapa penyakit. Tidak percaya? Perlu Anda ketahui, bahwa kandungan senyawa kimia bunga sepatu ini terdiri dari beraneka ragam beragam senyawa seperti flavonoida, cyanidin diglucosid, taraxeryl acetat, saponin, polifenol, tanin, saponin, hibisetin, Ca-oksalat, dan peroxidase yang dapat dipergunakan dan cukup ampuh untuk mengobati beragam penyakit secara alami.

Agar Anda semakin memahami mengenai khasiat yang bisa diperoleh dari bunga sepatu, maka berikut ini ada 8 manfaat bunga sepatu untuk kesehatan manusia yang perlu Anda ketahui:

8 Manfaat Bunga Sepatu Untuk Kesehatan

1. Untuk melancarkan menstruasi

Manfaat bunga sepatu yang pertama yaitu membantu melancarkan menstruasi dengan menggunakan ramuan bunga sepatu, maka yang perlu Anda siapkan adalah 3-4 kuntum bunga sepatu segar, sedikit cuka beras dan air matang secukupnya. Kemudian, tumbuk atau giling bunga sepatu tersebut hingga halus lalu tambahkan sedikit cuka beras dan rendam dalam 150 ml air matang. Selanjutnya, aduk dan saring. Minum air rendaman bunga sepatu dan cuka beras tersebut.

2. Mengatasi keputihan

Selain dapat membantu melancarkan menstruasi, kembang sepatu juga dapat digunakan untuk mengobati keputihan. Untuk menggunakan cara ini, Anda perlu merebus 20 g bunga sepatu yang masih segar dengan 20 g jengger ayam serta 40 g kulit delima ke dalam air sebanyak 500 ml. Pastikan semua bahan tersebut sudah Anda cuci bersih sebelum direbus. Setelah itu tunggu hingga mendidih dan air yang tersisa hanya sekitar 250 ml, kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin, 2 kali dalam sehari.

3. Mengobati kencing nanah

Selain dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kewanitaan, bunga sepatu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk penyakit lainnya, misalnya seperti kencing bernanah. Untuk mengobati penyakit ini Anda perlu merebus 5 kuntum bunga sepatu dengan 15 g daun sambiloto ke dalam 2 gelas air. Setelah itu, tunggu hingga mendidih dan air yang tersisa hanya sekitar 1 gelas, lalu saring dan minum selagi hangat. Bila dirasa perlu, Anda dapat menambahkan madu secukupnya agar ramuan tersebut rasanya tidak terlalu pahit.

4. Obat batuk berdarah

Yang perlu Anda siapkan untuk mengobati batuk berdarah adalah 2 kuntum bunga sepatu yang telah dicuci bersih kemudian remas bunga tersebut agar sarinya dapat diambil. Setelah itu, seduh sari bunga sepatu dengan air panas dan diamkan selama 1 malam. Selanjutnya esok harinya minumlah air seduhan yang sudah didiamkan selama semalam tersebut.

5. Mengobati bronkitis

Kembang sepatu juga dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk membantu proses penyembuhan bronkitis. Untuk menggunakan cara ini, Anda hanya perlu menyeduh 2 kuntum bunga sepatu dengan air panas, kemudian tambahkan sedikit garam. Minum air seduhan tersebut selagi hangat setidaknya 2 kali dalam sehari.

6. Obat sariawan

Ternyata bunga sepatu juga dapat dimanfaatkan sebagai obar herbal alami untuk mengobati sariawan. Yang perlu Anda lakukan adalah menyeduh 5 kuntum bunga sepatu dengan air panas selama 20 menit. Setelah itu saring dan minumlah ramuan tersebut minimal 3 kali dalam sehari.

7. Mengobati bisul

Manfaat bunga sepatu berikutnya selain dijadikan sebagai ramuan untuk diminum, bunga sepatu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat luar, khususnya untuk mengobati bisul. Untuk menggunakan cara ini, Anda perlu menumbuk 2 kuntum bunga sepatu dan 5 lembar daun kembang sepatu. Kemudian hasil tumbukkan tersebut tempelkan ke bagian kulit yang terkena bisul. Lakukan cara ini secara rutin, minimal 2 kali dalam sehari hingga bisul menghilang.

8. Membuat rambut menjadi hitam berkilau

Selain dimanfaatkan bunganya, tanaman bunga sepatu ini juga memiliki daun yang tak kalah berkhasiat, khususnya untuk kesehatan rambut. Pasalnya, daun kembang sepatu dapat digunakan untuk membuat rambut terlihat lebih hitam berkilau. Untuk menggunakan cara ini, Anda perlu meremas beberapa helai daun sepatu di dalam air hingga getahnya keluar. Lalu usapkan secara merata pada rambut seperti Anda menggunakan minyak rambut.

Itulah ulasan beberapa manfaat bunga sepatu. Bunga yang selama ini sering dipandang sebelah mata dan tak banyak orang yang mengetahui manfaatnya.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *