counter Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan – Sami Share

Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

on

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, daun pepaya juga memiliki banyak manfaat. Bahkan manfaat daun pepaya bagi kesehatan juga tak kalah banyak dengan buahnya.

Tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai sayuran dan dimasak berbagai varian masakan seperti oseng, kaldu dan pepes, daun pepaya bisa juga dimakan sebagai obat herbal atau jamu untuk menjaga kesehatan. Berbagai khasiat bisa didapat dari daun pepaya yang terkenal pahit alami seperti menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko hipertensi dan melancarkan sistem pencernaan.

manfaat-daun-pepaya

Berikut beberapa manfaat daun pepaya baik dalam keadaan masak, mentah atau hanya sari patinya saja seperti jamu air rebusan daun pepaya.

1. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Salah satu penyebab potensi terbesar terkena penyakit jantung adalah meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara menurunkan kadar kolesterol darah. Cara ini cukup aman karena sangat alami dan tidak bersinggungan dengan bahan kimiawi.

Daun pepaya memiliki kandungan vitamin C yang berkhasiat mengatasi pengendapan kolesterol dalam saluran pembuluh darah. Dengan tidak menumpuknya kolesterol dalam plak arteri (pembuluh darah), risiko terkena penyakit jantung bisa dikurangi secara signifikan.

2. Mempercepat proses penyembuhan hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi terjadi karena meningkatnya tekanan darah. Asupan wajib bagi penderita hipertensi adalah makanan yang mengandung kalium, salah satunya adalah daun pepaya.

Daun pepaya ukuran sedang memiliki kandungan kalium sebanyak 781 mg. Dengan kalium sebanyak ini sudah bisa membantu mencukupi kebutuhan kalium harian tubuh kita sebanyak 16 persen.

Dengan begitu, mengkonsumsi daun pepaya tiap hari akan menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga risiko hipertensi bisa ditekan dan dikurangi.

3. Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat daun pepaya yang lain adalah dapat melancarkan sistem pencernaan. Enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya diyakini para ahli dapat membantu pencernaan menjadi sehat.

Cara mengkonsumsi yang paling baik adalah dalam keadaan mentah, karena kandungan papainnya lebih tinggi dari yang matang hingga 3 kali lipat.

Selain ke-tiga manfaat daun pepaya di atas, buah pepaya juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah seperti folat, vitamin A, K, C, E serta serat yang tentunya sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *