counter Manfaat Durian, Dari Bikin Cerdas Hingga Hilangkan Stres – Sami Share

Kesehatan

Manfaat Durian, Dari Bikin Cerdas Hingga Hilangkan Stres

on

Sebelum pengobatan modern ada, buah durian sudah sangat dikenal dalam pengobatan tradisional. Buah durian sering digunakan sebagai sarana untuk menghangatkan badan dan menambah kebugaran. Buah durian juga digunakan untuk meningkatkan vitalitas kaum lelaki.

Munculnya sistem pengobatan modern semakin menambah tingkat pengetahuan tentang rasa dan kandungan buah durian beserta manfaat besarnya yang belum pernah terungkap sebelumnya.

Buah durian memiliki kandungan Phytonurient yang berfungsi menjaga dan meningkatkan sistem antibodi atau kekebalan tubuh, menjaga dan menonaktifkan zat-zat yang menjadi penyebab penyakit diabet, kanker, penyakit jantung serta darah tinggi. Phytonurient juga terdapat pada kebanyakan sayur dan buah-buahan. Durian juga memiliki kandungan antioksidan yang lebih besar daripada antioksidan pada buah lain.

Buah Durian Masak

Kemudian ada juga kandungan Phytosterol yang berfungsi mencegah penyakit tumor dan kanker seperti cacatan Departement of Pharmacologi and Toxicology, sekolah kesehatan Universitas New York di Buffalo.

Catatan lain tentang kandungan dan manfaat buah durian adalah seperti yang diungkap Profesor Dr. Aminuddin dari Departemen, Fakultas Kedokteran Universiti Kebangsaan Malaysia bahwa buah durian memiliki kandungan tiga jenis gula alami yaitu sukrosa, glukosa dan fruktosa. Dengan mengkonsumsi buah durian 2 pongge saja dapat meningkatkan energi untuk melakukan pekerjaan selama 90 menit secara terus menerus. Buah durian memiliki kandungan karbohidrat 2 kali lebih besar, protein 4 kali lebih besar, fosfor 3 kali lebih besar, vitamin A dan zat besi 5 kali lebih besar, vitamin dan mineral lain 1 kali lebih besar.

Dengan banyaknya gizi dan nutrisi yang ada, buah durian memiliki banyak sekali manfaat. Mencegah berbagai macam penyakit serta membantu menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Berikut adalah manfaat buah durian bagi kesehatan :

Mengatasi depresi

Menurut lembaga kesehatan MIND, didasarkan pada sebuah survey yang dilakukan pada beberapa responden yang mengalami gangguan jiwa atau depresi, depresi yang dialami seseorang cenderung menurun setelah makan buah durian. Hal itu dikarenakan buah durian memiliki kandungan Thryptophan yang merubah asam animo menjadi serotonin yang membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Mengatasi sindrome prahaid

Buah durian mengandung vitamin B6 yang meregulasi zat gula darah sehingga mampu meningkatkan dan mengembalikan mood yang menurun karena haid atau yang dikenal dengan Premenstrual Syndrome (PMS).

Premenstrual Syndrome

Mencegah gejala gurang darah (anemia)

Buah durian memiliki kandungan zat besi tinggi yang meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah.

Mengurangi risiko darah tinggi dan stroke

Buah durian mengandung kadar garam rendah namun memiliki kandungan kalium tinggi sehingga buah durian mampu meminimalisir tekanan darah.

Meningkatkan kecerdasan

Survey dilakukan terhadap 200 pelajar di Twickenham School. Mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi durian ketika sarapan pagi, saat istirahat serta ketika makan siang. Hasilnya, tingkat kecerdasan mereka makin meningkat beberapa Minggu kemudian karena mereka menjadi semakin serius dalam menghadapi berbagai pelajaran dan lebih memperhatikan.

Melancarkan buang air besar

Kandungan serat buah durian yang tinggi membantu memperbaiki sistem pencernaan dan melancarkan proses buang air besar.

Mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan

Durian bisa mengatasi mabuk saat naik kendaraan. Cara termudah adalah dengan membuat milkshake dari campuran durian, madu dan susu. Durian bisa menenangkan perut, madu mengembalikan kadar gula darah sedangkan susu berfunsi merehidrasi sistem tubuh.

Milkshake Durian

Mencegah radang pencernaan

Buah durian memiliki tekstur lembut dan lunak, tidak keras, tidak pula lumer. Pada kasus radang pencernaan kronis, buah durian adalah satu-satunya buah yang dapat dikonsumsi secara langsung. Buah durian dapat mencegah radang pada pencernaan karena dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan mengatasi iritasi pada dinding perut.

Meredakan rasa nyeri pada lambung

Bila perut atau lambung terasa nyeri, cobalah untuk makan buah durian. Durian menimbulkan efek antacid alami pada tubuh yang dapat meredakan rasa nyeri pada lambung.

Memperbaiki sistem syaraf yang rusak

Kandungan vitamin B yang tinggi pada buah durian membantu memperbaiki sistem syaraf yang rusak.

Menjaga pola diet

Sebuah studi di Intitute Psikologi di Austria mengungkapkan bahwa stress akibat tekanan pekerjaan atau yang lain mendorong orang untuk selalu ngemil dan banyak makan. Hal ini tentu tidak baik bagi orang yang sedang menjalani program diet. Karena itu perlu mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi sehingga kebiasaan ngemil bisa dikurangi. Durian adalah salah satu buah yang layak dikonsumsi karena memiliki kadar karbohidrat tinggi antara 20% sampai 39% sehingga dapat mengurangi kebiasaan ngemil bagi orang yang sedang menjalani diet.

Mengontrol suhu badan

Berlawanan dengan anggapan banyak orang. Faktanya, ada budaya bangsa lain yang percaya bahwa buah durian dapat “mendinginkan” suhu tubuh seseorang. Seperti yang ada di Holand Norwegia, ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah durian agar bayinya lahir dengan suhu tubuh yang ‘cool’.

Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Kandungan vitamin B6, vitamin B12, magnesium dan kalium pada buah durian dapat menghindarkan tubuh dari ketagihan nikotin sehigga membantu orang yang sedang berusaha berhenti merokok.

Mengurangi dan mencegah stress

Buah durian memiliki kandungan mineral kalium yang tinggi. Mineral kalium adalah mineral yang berfungsi menormalkan denyut jantung, mengantar oksigen ke otak dan membuat keseimbangan air pada tubuh. Saat stress, tubuh akan kehilangan banyak kalium karena meningkatnya metabolisme tubuh. Dengan makan buah durian, keseimbangan antara metabolisme dan kalium akan terjaga sehingga stress juga berkurang.

Mengurangi risiko terkena stroke

Dalam sebuah jurnal kesehatan The New England Journal of Medicine ditulis bahwa mengkonsumsi durian sebagai bagian dari menu makanan sehari – hari dapat mengurangi risiko kematian yang disebabkan stroke hingga 40%.

Menghilangkan gatal karena digigit nyamuk

Saat kulit terasa gatal karena digigit nyamuk, cobalah gosok dengan bagian dalam kulit durian sebelum memutuskan mengoleskan krim gigitan nyamuk atau obat gosok lain. Cara ini sudah terbukti manjur bagi banyak orang, rasa gatal dan bentol yang timbul setelah digigit nyamuk bisa berkurang bahkan hilang sama sekali.

Mengobati luka

Saat terjadi luka pada kulit, gunakan buah durian sebagai obat alternatif untuk penyembuhan. Caranya, ambil daging buah durian dan tempel pada bagian yang luka. Kemudian balut dengan kain atau plester.

Melihat manfaat buah durian yang begitu besar, lalu bagaimana dengan anggapan negatif yang berkembang di masyarakat yang mengatakan bahwa buah durian adalah buah yang berbahaya ?

Hampir bisa dipastikan bahwa kejadian negatif berkaitan dengan buah durian yang terjadi selama ini adalah bukan karena buah durian itu sendiri. Kebanyakan adalah karena over energy, makan terlalu berlebihan dan kelewat banyak sehingga keseimbangan badan menjadi terganggu. Porsi yang disarankan adalah makan durian tidak lebih dari 200 gram sekali makan. Hindari juga mencampur alkohol dengan buah durian atau minum minuman beralkohol tinggi bersamaan saat makan buah durian. Dan jangan makan durian saat hendak tidur.

“… makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”
((QS. Al-A’raf: 31)

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Balitbang Pertanian – Kementerian Republik Indonesia

Recommended for you

3 Comments

  1. Pingback: Durian "Baunya Bagai Neraka, Rasanya Laksana Surga" | Sami Share

  2. Pingback: Manfaat Durian, Bikin Cerdas Hingga Hilangkan Stres | Blogku Blogmu

  3. Agus Hartanto

    May 13, 2015 at 9:47 am

    Cara menjaga kesehatan dalam keluarga, dan untuk perkembangan tumbuh anak saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *