Manfaat Penting Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Tidak diragukan lagi kalau manfaat kacang hijau memang luar biasa.

Seperti halnya kedelai, kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang cukup familiar bagi orang Indonesia. Berbagai jenis makanan bisa dihasilkan dari olahan kacang hijau seperti onde-onde, bubur, roti, juga dibuat minuman dalam bentuk jus.

Lebih modern lagi, kacang hijau dijadikan makanan dalam bentuk tepung untuk berbagai macam makanan seperti es krim, kue juga mie soun. Rasanya yang sangat khas, lezat dan gurih membuat siapapun tergoda untuk mencobanya. Kacang hijau juga digunakan sebagai sayuran dalam bentuk kecambah atau tauge.

Kacang Hijau

Kacang hijau memang dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan gizi dan nutrisi. Beberapa kandungan gizi kacang hijau yang terkenal adalah Serat, Vitamin A, Zat Karatenoid, Zeaxanthin, Mineral Essensial, Vitamin B6, Rendah Kalori, Asam Folat, Protein dan Karbohidrat, Vitamin B1 dan B2, serta berbagai mineral seperti potasium, phosphorus, manganese, kalsium, magnesium, besi, zinc dan selenium.

Banyaknya kandungan gizi dan nutrisi menjadikan kacang hijau salah satu primadona makanan di beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Berikut adalah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan.

1. Mengurangi kadar kolesterol darah

Kandungan Omega 3 atau lemak sehat dalam kacang hijau terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Serat yang terdapat dalam kacang hijau memiliki fungsi sebagai pencahar dan melindungi selaput lendir yang terdapat dalam usus besar sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Membantu program diet

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, namun mengandung karbohidrat cukup rendah sekitar 19gr/100gr. Karenanya sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet dan program pembentukan badan.

4. Meningkatkan energi dan metabolisme

Kacang hijau memiliki kandungan mineral dan berbagai vitamin B yang dapat membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

5. Menghindari risiko bayi cacat lahir

Baik dikonsumsi ibu hamil. Kandungan proteinnya sangat baik untuk mencegah risiko bayi cacat saat sejak lahir. Selain itu, mengkonsumsi kacang hijau juga membantu ibu hamil tidak mudah kelelahan karena kacang hijau juga mengandung karbohidrat.

6. Membantu kepadatan tulang bayi

Kandungan mineral kalsiumnya membantu kepadatan tulang bayi. Karenanya, kacang hijau baik sekali dijadikan asupan bagi bayi dan balita.

Tips :

Untuk mendapatkan manfaat kacang hijau secara maksimal, ada hal yang harus diperhatikan saat mengolahnya. Seperti kebanyakan sayuran hijau, merebus kacang hijau bisa menghilangkan beberapa kandungan nutrisi di dalamnya terutama vitamin C dan mineral.

Cara terbaik adalah dengan merendamnya semalaman agar saat merebusnya di pagi hari tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Semakin lama merebus, semakin banyak nutrisi yang terbuang sia-sia.

Berikut beberapa contoh olahan kacang hijau

Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau

Onde onde isi kacang hijau

Onde onde isi

Onde Onde isi kacang hijau

Onde Onde isi

Rempeyek kacang hijau

Rempeyek

Kue Pia Kacang Hijau

Kue Pia

Minuman Sari Kacang Hijau

Minuman Sari

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *