Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Nama kolang kaling tentu tidak asing bagi kita. Buah berwarna putih agak transparan ini sangat terkenal sebagai salah satu bahan baku kolak terutama di bulan puasa. Bentuknya yang bulat lonjong dan rasanya yang unik agak kenyal membuat buah ini punya identitas tersendiri.

Ternyata bukan hanya tekstur warna dan rasa buahnya yang segar, kolang kaling juga kaya akan manfaat bagi kesehatan karena banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya seperti karbohidrat, vitamin C, kalsium, niasin, tiamin, riboflavin, fosfor, dan juga air.

manfaat kolang kaling

Dari sekian banyak manfaat yang ada, berikut ini adalah beberapa manfaat kolang kaling bagi kesehatan.

Baik untuk kulit

Bisa dikatakan kolang kaling adalah rumah obat alami untuk atasi biang keringat. Buah dengan tekstur mirip jelly ini bisa meredakan gatal karena biang keringat dan berefek menenangkan. Selain itu, buah ini juga baik digunakan mengobati gejala cacar air. Intinya, buah kolang kaling sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kulit tetap sehat.

Mengatasi dehidrasi

Buah kolang kaling mengandung air dan mineral dalam jumlah tak sedikit. Bila dikonsumsi saat panas bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan mengganti mineral yang hilang lewat keluarnya keringat.

Pilihan diet sehat

Meski mengandung karbohidrat dalam jumlah kecil dan lebih banyak air. Tapi ada satu kandungan yang bersifat mengenyangkan yaitu gelatin. Karena itu, kolang kaling baik dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet.

Melancarkan sistem pencernaan

Kolang kaling memiliki kandungan serat kasar yang cukup tinggi hingga 39 persen. Dan seperti diketahui, serat sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan serta mempermudah buang air besar.

Itulah beberapa manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh kita.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *