counter Manfaat Mengkonsumsi Kacang Panjang Bagi Kesehatan – Sami Share

Kesehatan

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Panjang Bagi Kesehatan

on

Tanaman dengan buah warna hijau segar dan panjang ini sangat dikenal di dunia kesehatan karena khasiatnya yang sangat luar biasa mulai dari pencegah kanker hingga mengobati susah buang air besar.

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh semua keluarga dan dengan mudah dapat ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan baik yang tradisional maupun modern. Kacang panjang cukup digemari karena berasa sangat enak dan juga tidak pahit. Tanama kacang panjang tumbuh memanjat dan melilit. Daunnya yang hijau bernama lembayung juga tak kalah enaknya dijadikan sayuran dan lalapan.

Kancang Panjang

Kacang panjang dapat diolah berbagai macam cara dari hanya sekedar merebusnya hingga matang sebagai pecel, menumis sampe dibuat sayuran berkuah. Bahkan dimakan dalam keadaan mentah pun, kacang panjang tetap enak.

Kacang panjang banyak mengandung berbagai macam zat gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi tubuh seperti karbohidrat, lemak, serat serta mineral. Kacang panjang juga memiliki berbagai kandungan protein, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan.

Dengan banyaknya kandungan gizi dan nutrisi, tidak mengherankan bila kacang panjang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 3 manfaat penting kacang panjang bagi kesehatan selain manfaat – manfaat lain yang tak disebutkan.

1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat sayur kacang panjang adalah dapat menjaga kesehatan organ jantung. Seperti yang diketahui bahwa penyakit jantung adalah penyakit mematikan. Untuk menjaga organ jantung tetap sehat, harus selalu menerapkan pola hidup sehat seperti cukup olahraga, cukup istirahat, serta menerapkan pola makan yang sehat. Salah satu yang bisa Anda Anda lakukan dengan mudah adalah dengan mengkonsumsi kacang panjang.

Kandungan vitamin K yang ada dalam kacang panjang, ternyata dapat bermanfaat untuk mencegah pengerasan pada bagian pembuluh darah yang ada pada jantung. Nah, pembuluh yang mengeras inilah yang akhirnya menjadi pemicu akan terjadinya penyakit seperti gagal jantung atau biasa disebut jantung koroner.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh Dengan Alami

Berikutnya adalah dapat meningkatkan stamina tubuh, ini karena kacang panjang mengandung vitamin B sehingga menjadikan tubuh tetap sehat dan juga bugar. Jika anda merasa lemas atau kecapean, maka bisa mengkonsumsi sayur kacang panjang ini agar tubuh kembali segar.

Tak hanya itu saja, ternyata kacang panjang ini pun sangat baik untuk masalah pencernaan, mengapa demikian? Karena dengan makan kacang panjang ini maka sistem pencernaan menjadi semakin lancar. Sehingga anda akan terhindar dari penyakit diare atau pun sambelit yang biasanya terjadi karena pencernaan yang kurang lancar.

3. Mencegah Penyakit Gula Atau Diabetes

Manfaat sayur kacang panjang yang ketiga adalah dapat mencegah penyakit gula atau diabetes. Hal ini karena kacang panjang sangat rendah gula dan juga kalori. Nah untuk penderita diabetes, masih tetap bisa mengkonsumsi sayur kacang panjang, karena tidak akan berpengaruh pada penyakitnya.

Diabetes adalah penyakit serius yang harus disembuhkan. Tetapi bagi Anda yang tidak terkena penyakit diabetes, Anda pun harus melakukan pencegahan yang salah satu contohnya dengan mengkonsumsi sayur kacang panjang.

Sebenarnya masih banyak manfaat sayur kacang panjang yang bisa dipelajari, seperti bisa mengatasi masalah tulang atau biasa dikenal dengan osteoporosis. Hal ini karena kacang panjang mengandung vitamin K, sehingga bisa menjaga kesehatan tulang dengan baik.

Secara kesimpulan; kacang panjang adalah salah satu sayuran yang masuk kategori makanan sehat dan dapat dikonsumsi setiap hari karena memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi bermanfaat bagi kesehatan.

1 Comment

  1. Pingback: 5 Makanan Ini Bikin Otak Anak Jadi Cerdas | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *