Manfaat Pakis, Sembuhkan Luka Hingga Cegah Rematik

Pakis adalah salah satu tanaman yang tumbuh secara berklompok atau rumpun. Pakis biasanya tumbuh baik di daerah yang kering, lembab dan berhawa sejuk. Tunas daun muda pakis yang masih kuncup memiliki bentuk ujung daun melengkung. Daun pakis muda yang masih belum mekar inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai sayur.

Daun pakis muda memiliki tekstur rasa yang lembut. Rasanya menyerupai dengan asparagus, atau buncis yang memiliki tekstur renyah.
Daun Pakis Muda

Pemanfaatan daun pakis untuk sayuran sudah banyak dikenal di banyak negara seperti Nepal, India, Amerika hingga Kanada. Di Indonesia sendiri sudah sejak lama masyarakanya memanfaat kan daun pakis muda sebagai sayuran dan sangat digemari, sebab rasa dan teksturnya unik dan lezat.

Ada berbagai cara memasak sayur pakis ini dari yang ditumis, berkuah santan atau hanya direbus dan dimakan dengan sambal kacang pedas.

Selain enak, ternyata ada manfaat sayur pakis yang selama ini luput dari pengetahuan kita. Bagi anda yang hobi mengkonsumsi jenis sayuran ini, maka seringlah mengkonsumsi sayur pakis karena setelah Anda mengetahui khasiat pakis ini, Anda tidak akan ragu lagi.

Berikut 5 manfaat sayur pakis bagi kesehatan yang harus diketahui

1. Mampu Memperbaiki Sistem Metabolisme Tubuh

Salah satu manfaat sayur pakis yang pertama adalah dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh, ini terjadi karena sayur pakis ternyata mengandung vitamin A dan juga betakaroten yang cukup banyak. Sehingga tak heran jika sayur ini bisa berperan penting dalam hal metabolisme tubuh dan membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

2. Dapat Mencegah Rematik

Rematik adalah penyakit yang sering dijumpai pada sebagian masyarakat. Dengan mengkonsumsi sayur pakis ini, Anda akan terbantu terhindar dari penyakit rematik. Walaupun penyakit ini cukup ringan, tetapi jika tidak segera diobati maka tak mustahil akan berubah menjadi penyakit yang berbahaya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sayur pakis yang ketiga adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami Mengapa demikian? Karena sayur pakis ini ternyata mengandung betakaroten yang sangat tinggi. Sehingga tak heran jika sistem kekebalan tumbuh menjadi terus meningkat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang Tubuh

Kandungan kalsium yang ada dalam sayur pakis ini ternyata dapat membantu anda dalam meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan tulang. Jika tulang Anda sehat, sudah pasti Anda tidak akan terganggu dalam beraktivitas.

5. Mempercepat Luka Sembuh

Jika anda mengalami luka, sayur pakis bisa juga digunakan untuk mempercepat penyembuhan. Ini terjadi karena adanya vitamin C yang ada dalam sayur pakis, sehingga proses penyembuhan luka lebih cepat.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *