counter Manfaat Semangka, Cegah Stroke Hingga Atasi Kanker – Sami Share

Kesehatan

Manfaat Semangka, Cegah Stroke Hingga Atasi Kanker

on

Warna buahnya ada yang merah menyala, ada juga yang kuning. Penuh air, segar dan menggoda. Tak mengherankan buah semangka menjadi buah paling dicari dan digemari banyak orang terutama di cuaca yang panas. Bagaimana tidak, buah semangka memiliki kandungan air sangat tinggi, lebih dari 90 persennya adalah air.

Buah yang memiliki bentuk bulan dan lonjong ini sangat mudah ditemukan dan selalu tersedia setiap saat. Kemajuan teknologi menghadirkan inovasi, buah semangka kini tak hanya berbentuk bulat dan lonjong. Ada yang direkayasa menjadi bentuk kotak, segitiga dan bahkan ada yang berbentuk hati. Selain untuk memudahkan penyimpanan di dalam lemari es, penampilan yang berbeda membuat buah semangka makin menarik dan mengundang selera.

Buah Semangka Merah

Tidak hanya menyegarkan, buah semangka memiliki segudang manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Mulai dari memenuhi nutrisi hingga mencegah berbagai penyakit kanker.

Berikut beberapa manfaat buah semangka yang sangat luar biasa.

  1. Semangka memiliki kandungan kalori rendah dan mengandung air dalam jumlah tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi per kalori bagi tubuh.
  2. Buah semangka memiliki kandungan antioksidan yang kuat berupa vitamin A dan C. Selain itu juga mengandung banyak thiamin (vitamin B1), piridoksin (vitamin b6), potasium dan magnesium. Karena kandungan vitamin – vitamin tersebut, buah semangka bermanfaat mencegah terjadinya penyakit pembuluh darah seperti serangan jantung dan stroke. Juga menurunkan risiko terkena penyakit sendi seperti Artritis Reumatoid atau peradangan sendi dan osteoartritis
  3. Kandungan berbagai vitamin buah semangka di atas juga baik untuk menjaga kesehatan saraf. Sering mengkonsumsinya membuat tubuh tidak gampang pegal – pegal, kesemutan, kebas dan tidak mudah terserang rasa nyeri.
  4. Bagi yang punya keluhan penyakit asma, buah semangka sangat baik dikonsumsi karena dapat mengurangi adanya penyempitan saluran nafas.
  5. Semangka merupakan salah satu sumber likopen. Berdasarkan penelitian yang mendalam dari para ahli, terungkap bahwa diantara manfaat likopen adalah bisa mencegah tumbuhnya berbagai kanker seperti kanker prostat, kanker paru, kanker endometrial dan kanker usus besar.

Dan masih banyak lagi manfaat buah semangka yang tak bisa disebutkan. Dengan berbagai manfaat di atas, tak salah bila semangka layak dijadikan asupan buah harian yang harus selalu ada di setiap meja makan. Kita pun bisa memakannya sesuai selera. Bisa secara langsung tanpa dikreasi, bisa juga dibuat jus atau dimakan bersama buah lain dalam menu es campur.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *