3 Manfaat Telur Sebagai Makanan Pendamping ASI

Terkadang karena satu alasan, ibu harus memperkenalkan bayinya pada makanan pendamping ASI.

Sebagai makanan terbaik bagi bayi, ASI memang tidak tergantikan. Tidak ada satu asupan apapun yang nilai gizinya lebih besar dan lebih baik dari pada ASI. Karena itu, pemberian ASI pada bayi usia 0 sampai 2 tahun sangat dianjurkan.

Saat bayi menginjak usia 6 bulan ibu bisa memberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI). Dan karena baru pertama kali bayi diperkenalkan makanan selain ASI, sebaiknya bayi hanya diberikan makanan yang memiliki tekstur lembut dan halus seperti buah dan sayur yang dihaluskan. Sekarang lebih mudah bagi ibu untuk memberikan MP-ASI pada buah hati karena sudah banyak produk makanan pendamping ASI yang dijual di pasaran sesuai dengan usia bayi.

Namun, bila ingin membuat sendiri makanan pendamping ASI sendiri, tak ada salahnya ibu memilih telur. Selain memiliki tekstur yang lembut, kandungan gizi telur dan manfaatnya untuk kesehatan bayi juga besar, diantaranya;

Kaya Vitamin.

Ada banyak vitamin pada telur seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12. Vitamin D bermanfaat bagi perkembangan dan kesehatan tulang. Bayi akan tumbuh dengan tulang kuat. Vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah.

Kaya Asam folat.

Telur memiliki kandungan vitamin B komplek yang salah satunya adalah asam folat. Manfaat besar dari asam folat adalah menghindarkan bayi dari gangguan kerusakan saraf, kelelahan dan anemia. Bayi yang tumbuh dalam keadaan kekurangan asam folat rentan terkena beragam penyakit.

Kaya Omega-3.

Telur adalah salah satu sumber Omega-3 atau lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh. Omega-3 bermanfaat meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir dan mencegah risiko terkena penyakit jantung.telur-makanan-pendamping-asi

Itulah telur dan manfaatnya yang bisa dipilih ibu sebagai makanan pendamping ASI buat si buah hati.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *