counter Manfaat Wedang Jahe, Sembuhkan Sakit Perut Hingga Atasi Flu – Sami Share

Kesehatan

Manfaat Wedang Jahe, Sembuhkan Sakit Perut Hingga Atasi Flu

on

Minum minuman hangat saat cuaca dingin tentu sangat nikmat. Tidak hanya malam hari, saat dingin di pagi hari pun minuman hangat terasa sangat nikmat.

Salah satu minuman sehat yang nikmat diminum saat cuaca dingin adalah wedang jahe. Wedang jahe adalah minuman yang terbuat dari air rebusan jahe. Untuk mendapatkan rasa manis biasanya ditambahkan gula aren agar lebih terasa nikmat dan alami. Wedang jahe bisa dinikmati dalam keadaan panas, hangat maupun dingin. Namun, yang paling nikmat tentu diminum saat masih panas. Bagi orang Jawa, minum wedang jahe bukanlah hal asing. Wedang jahe dapat ditemukan di warung-warung angkringan sega kucing atau nasi kucing yang biasa buka malam hari.

Wedang Jahe Angkringan

Wedang Jahe Angkringan

Tidak hanya nikmat dan bisa menghangatkan badan, minum wedang jahe juga memiliki fungsi pengobatan dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 3 manfaat utama minum wedang jahe saat hangat.

Meredakan rasa mual dan ingin muntah

Bagi wanita hamil, minum wedang jahe baik untuk mengurangi rasa mual dan ingin muntah yang biasa muncul di pagi hari atau dikenal dengan sebutan morning sickness.

Wedang jahe juga dapat ampuh meredakan rasa ingin mual dan muntah karena mabuk perjalanan serta memulihkan energi yang banyak terkuras sebab perjalanan jauh.

Mengatasi sakit perut

Wedang jahe baik digunakan untuk menyembuhkan sakit perut dengan berbagai sebab. Bagi yang sedang memiliki keluhan sakit perut seperti kembung, maag atau karena keracunan makanan, ada baiknya segera minum wedang jahe hangat untuk meredakannya. Bagi yang sakit perut karena diare, masuk angin atau karena menstruasi, wedang jahe juga baik diminum untuk membantu penyembuhan.

Membantu menyembuhkan gangguan pernapasan

Aroma jahe sangat tajam dan hangat. Bagi yang memiliki keluhan pernapasan seperti flu, hidung tersumbat dan batuk, cobalah untuk minum wedang jahe hangat. Selain terasa hangat dari dalam, aroma wedang jahe yang segar membantu otot pernapasan menjadi lebih rileks.

Minum wedang jahe juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, menguatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan migrain.

Teh Jahe

Teh Jahe

Jadi, tak perlu ragu untuk minum wedang jahe baik hangat maupun dingin, karena selain segar dan nikmat, minum wedang jahe juga menyehatkan.

Yuk, sruput lagi …

Recommended for you

2 Comments

  1. Pingback: Kenali 6 Manfaat Sayur Jantung Pisang Yang Luar Biasa | Sami Share

  2. Pingback: Mengenal Lebih Dekat Penyakit Sinusitis Beserta Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya - Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *