Mau Tahu, Inilah 3 Nutrisi Penting bagi Pelari

Lari merupakan olah raga yang terbaik agar dapat membakar kalori serta dapat menjaga kesehatan. Tetapi, untuk pelari maupun anda yang hoby lari, sebaiknya usahakan agar dapat mengimbangi bersama asupan nutrisi yang memadai. Nutrisi yaitu komponen sangat penting sekali agar dapat menunjang terhadap aktivitas sehari-hari khususnya aktivitas fisik. Apabila anda sering lari tetapi tidak diimbangi bersama kebutuhan nutrisi yang cukup. Maka hal tersebut akan mempengaruhi terhadap kondisi serta kesehatan pada tubuh itu sendiri.

Nutrisi Penting bagi Pelari

Banyak sekali nutrisi yang dapat anda asupi agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Tetapi agar dapat menunjang aktivitas anda sebaiknya cukupilah nutrisi yang penting sehingga andapun disarankan agar dapat mengkonsumsinya, diantaranya yaitu :

1. Karbohidrat

Tentunya bagi sang pelari akan sangat membutuhkan karbohidrat. Seberapa banyak karbohidrat dibutuhkan, tentunya tergantung dengan jauh maupun cepat anda untuk berlari. Berlari dengan intensitas yang tinggi maupun dengan jarak jauh yang diimbangi menggunakan asupan karbohidrat rendah, maka akan sama saja seperti halnya dengan mengendarai mobil tanpa ada bahan abakar sama sekali. Kendati dengan minuman yang bersinergi tersebut dapat pula memantu untuk berlari anda menjadi lebih jauh lagi. Tetapi asupan karbohidrat munculnya biasanya dari makanan-makanan yang alami sehingga akan penuh gizi lagi. Diantaranya makanan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat yaitu nasi, ubi jalar, quinoa, gandum serta masih banyak lagi. Selain itu juga, jangan lupa protein serta lemak yang dibutuhkan agar dapat membantu untuk memlihkan otot dan dapat berfungsi untuk tubuh yang penting lainnya.

2. Zat Besi

Sebelum anda berlari, tentunya anda juga harus memiliki asupa zat besi yang cukup sekali. Zat besi juga memiliki peran paling penting sekali agar dapat membantu untuk membentuk sel darah merah, yang akan dibawa yaitu oksigen pada otot tubuh. Kekurangan dari zat tersebut dapat mencegah otot tubuh untuk mendapatkan jumlah oksigen lebih optimal. Berbeda sekali dengan karbohidrat, kekurangan zat besi dengan cara bertahap maka akan mengakibatkan anemia. Para pelaripun juga bisa jadi untuk memiliki resiko tinggi kekurangan zat besi karena akan keluar melalui keringat. Sumber dari makanan tersebut dapat memnuhi kebutuhan zat besi sehingga dapat anda dapatkan dari kacang-kacangan, tahu, daging merah, ikan serta bayam. Agar dapat mengoptimalkan penyerapan pada zat besi, kombinasikanlah bersama makanan yang kaya sekali akan vitamin C misalnya jeruk, strowbery dan lainnya.

3. Sodium

Untuk para pelari perlu sekali agar dapat mengkonsumsi sodium. Hal tersebut karena sodium memiliki dua peran paling penting ketika melakukan olahraga lari. Yaitu dapat memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh dan memastikan agar cairan yang dikonsumsi masuk pada tubuh dengan tepat. Selain itu juga, sodium adalah elektrolit paling utama yang dikeluarkan oleh keringat. Maka dari itu, pelari sangat perlu sekali terhadap asupan sodium ketika sebelum lari, setelah lari dan selama lari. Selain itu juga, kebutuhan sodium akan semakin penting sekali jika anda termasuk orang berkeringat asin. Ciri-ciri dari orang bekeringat asin dapat diketahui apabila mata terasa pedih ketika keringat menetes masuk ke dalam nya, atau juga adanya garis putih pada pakaian. Sumber sodium dapat anda dapatkan dar sup, roti, keju dan minuman yang berenergi.

Itulah tips untuk yang hoby lari sehingga mengutamakan 3 nutrisi yang memiliki peran paling penting. Semoga bermanfaat.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *