counter Mengatasi Gangguan Asma Mendadak Tanpa Inhaler – Sami Share

Info

Mengatasi Gangguan Asma Mendadak Tanpa Inhaler

on

Gangguan asma bisa datang kapan saja dan dimana saja Anda berada. Jika gangguan itu datang, pernafasan Anda akan terasa berat dan susah. Hal ini dikarenakan terjadi peradangan pada saluran udara dalam paru-paru. Saluran udara tersebut juga tertutupi oleh lendir sehingga Anda akan merasa bahwa saluran pernafasan Anda penuh dengan lendir yang mengganggu pernafasan Anda.

Diantara penyebab munculnya gangguan asma adalah kelelahan, baik lelah secara fisik atau lelah secara psikis. Lalu karena adanya polusi udara, debu dan asap rokok.

Inhaler bagi Anda penderita gangguan asma bisa dikatakan barang yang wajib dimiliki dan dibawa kemanapun. Dengan inhaler Anda dapat mengatasi gangguan asma apabila dia datang secara tiba-tiba.

Inhaler adalah salah satu peralatan medis yang berfungsi mengantarkan obat ke dalam tubuh lewat saluran pernafasan yaitu paru-paru. Selain digunakan untuk mengatasi gangguan asma yang datang tiba – tiba, inhaler juga digunakan mengobati influenza, relenza dan penyakit paru obstruktif kronik.

Bagaimana jika lupa membawa inhaler ?

Walau inhaler merupakan barang wajib bagi Anda penderita asma, namun kadang Anda bisa juga lupa tidak membawanya. Bagaimana jika hal itu terjadi dan gangguan asma tiba-tiba datang. Yang terpenting Anda jangan panik.

Berikut yang harus Anda lakukan jika tiba-tiba dada Anda terasa sesak

1. Duduklah dengan posisi tegak

Usahakan pikiran Anda tetap tenang. Jangan banyak bergerak, istirahatlah dengan cara duduk dengan posisi tegak. Akan lebih mudah jika punggung Anda bersandar pada sesuatu seperti dinding, pagar, atau pohon. Jangan membungkukkan badan dan jangan berbaring karena akan membuat saluran nafas Anda semakin menyempit dan dada Anda semakin sesak.

2. Tarik nafas dalam dan panjang

Hal ini mencegah terjadinya nafas berlebihan yang disebabkan rasa panik dan cemas. Tarik nafas dalam – dalam melalui hidung lalu keluarkan melalui mulut. Lakukan hal tersebut secara pelan – pelan dan berulang agar ritme nafas Anda menjadi normal.

3. Tetap tenang dan jangan panik

Mungkin ini adalah hal yang paling sulit Anda lakukan karena reflek yang terjadi pada diri Anda disaat gangguan asma datang adalah panik. Terlebih ketika Anda menyadari bahwa Anda tidan membawa enhaler dan tidak menemukan enhaler di dekat Anda.

Sekalipun begitu, Anda harus pastikan diri tetap tidak panik. Kepanikan justru akan membuat Anda semakin susah bernafas karena otot dada Anda menegang.

4. Minumlah minuman hangat

Jika hal tersebut memungkinkan untuk Anda lakukan pada saat datangnya gangguan asma seperti masih berada di dalam rumah atau Anda berada dekat dengan minuman hangat, lakukanlah. Ambillah minuman hangat dan minumlah.

Minuman hangat dapat membantu melonggarkan saluran nafas Anda hingga durasi lebih dari satu jam.

5. Minta pertolongan medis

Jika hal di atas sudah Anda lakukan semua, Anda masih juga merasakan sesak nafas dan mungkin disertai batuk tanpa henti. Segeralah cari pertolongan medis. Mintalah bantuan orang yang ada di dekat Anda untuk mengantarkan ke rumah sakit atau dokter. Atau hubungi ambulan agar Anda segera dibawa ke rumah sakit untk segera ditangani.

Gangguan asma bisa terjadi kapan saja, namun durasi dan waktunya tak bisa ditentukan. Jika Anda terlalu sering dan secara rutin mengalami gangguan asma mendadak, itu artinya kondisi kesehatan tubuh Anda tidak bisa Anda kontrol secara baik. Sebaiknya Anda rajin berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan banyak pengarahan tentang kesehatan Anda terutama yang menyangkut asma. Juga agar Anda segera mendapatkan penanganan maksimal jika menurut dokter hal tersebut memang diperlukan.

Recommended for you

4 Comments

  1. Pingback: 7 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan | Sami Share

  2. Pingback: Pare, Buah Pahit Dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan | Sami Share

  3. Pingback: 7 Bahaya Tidur Malam Di Luar Rumah | Sami Share

  4. Pingback: Kopi Pahit, Solusi Menolong Penderita Asma Mendadak - Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *