counter Mengenal Kembali Makanan 4 Sehat 5 Sempurna – Sami Share

Info

Mengenal Kembali Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

on

Meski sudah beralih menjadi Makanan Gizi Seimbang, istilah Makanan 4 Sehat 5 Sempurna tetaplah menarik untuk diketahui dan dipelajari secara mendalam.

Tahukah Anda Makanan 4 Sehat 5 Sempurna? Apa yang disebut dengan makanan sehat? Mengapa kita harus memakan makanan yang sehat? Bagaimana jadinya apa yang kita makan tidak sehat? Dan masih banyak lagi pertanyaan – pertanyaan ringan lain namun menggelitik seperti di atas. Bukan tanpa sebab, soal makanan memang menjadi pembahasan nomor wahid dalam urusan kesehatan tubuh karena makanan dan minuman adalah hal yang paling berpengaruh terhadap kondisi sehat tidaknya tubuh manusia.

Makanan sehat bukanlah makanan yang enak. Makanan yang sehat adalah makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang serta mengandung pula zat yang diperlukan bagi tubuh agar dapat tumbuh serta berkembang. Makanan yang sehat harus mempunyai kandungan dengan gizi banyak, dan kandungannya yaitu karbohidrat, protein, mineral, lemak jenuh dengan jumlah sedikit saja dan vitamin.

makanan 4 sehat 5 sempurna

Kandungan pada makanan sehat biasa disebut pula dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Misalnya sudah disebutkan sebelumnya, makanan dengan pengertian makanan sehat yaitu mengandung 5 zat makanan yang diperlukan oleh tubuh, misalnya mineral, karbohidrat, vitamin, protein serta lemak jenuh pada jumlah yang tidak terlalu banyak. Apabila berbicara mengenai istilah makanan 4 sehat 5 sempurna. Maka akan mengenal pula komposisinya sebagai berikut.

Makanan Pokok

Pertama yaitu makanan pokok. Makanan pokok yaitu makanan sumber dari energi. Makanan tersebut merupakan jenis makanan yang pokok yaitu sereal, nasi, gandum, obat, jagung, kentang umbi-umbian serta lainnya. Berikutnya yaitu lauk pauk, lauk pauk yaitu makanan paling utama untuk mendampingi makanan.

Lauk Pauk

Makanan pokok lauk pauk ini tentunya lebih terpusat terhadap makanan mengandung zat pembangunan yang memiliki fungsi agar dapat membangun serta membentuk tubuh. Jenis makanan yang satu ini yaitu makanan yang banyak sekali mengandung protein misalnya daging, ikan, telur dan tempe tahu.

Sayuran

Makanan 4 sehat 5 sempurna berikutnya yaitu yang berjenis sayur-sayuran. Sayuran yaitu jenis makanan banyak sekali mengandungan serat, vitamin, serta protein sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. Jenis makanannya yaitu berupa kangkung, bayam, terong, tomat dan lainnya.

Buah-buahan

Berikutnya yaitu buah-buahan, buah-buahan adalah makanan yang banyak sekali memiliki kandungan vitamin dengan fungsinya untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Pada tubuh, buah – buahan yang memiliki serat sangat baik sekali bagi system pencernaan terhadap tubuh.

Susu

Lalu yang terakhir yaitu susu. Susu merupakan minuman tambahan yang mempunyai gizi yang sangat baik sekali bagi kesehatan bahkan direkomendasikan bagi tubuh.

Dengan berjalannya waktu makanan 4 sehat 5 sempurna tersebut sekarang sudah berubah sesuai dengan gizi yang seimbang. Pedoman gizi yang seimbang tersebut yaitu susunan terhadap makanan sehari-hari dengan kandungan jumlah gizi serta nutrisi sesuai dengan tubuh termasuk juga anda memperhatikan dari segi kebersihan dan ukuran berat badan ideal. Selain itu juga harus memperhatikan mengenai nilai nutrisi pada makanan. Andapun juga harus memperhatikan kondisi terhadap makanan misalnya alergi.

Makanan Sehat Gizi Seimbang

Hal tersebut tentunya mengambil berasal dari sumber nutrisi berasal dari bahan lainnya yang tidak memunculkan alergi. Sesorang akan tertarik terhadap makanan yang sehat serta memasak sehat harus dapat mengembangkan diri untuk membuat resep serta ukuran gizi makanan. Hingga dengan demikian, ibu rumah tangga tentunya harus berhati-hati ketika menentukan bahan dasar yang berasal dari makanan. Seperti dengan mensiasati makanan yaitu menyingkirkan gandum gluten serta roti cokelat pada daftar bahan dasar sert akan lebih memperbanyak sayuran serta buah-buahan dengan biji-bijian tanpa menggunakan gluten.

Itulah 4 sehat 5 sempurna yang dapat anda konsumsi setiap harinya agar mampu untuk menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkosumsi makanan yang sehat maka tubuh pun akan terjaga dari bakteri maupun dari virus. Selamat beraktivitas dan semakin semangat.

Recommended for you

3 Comments

  1. Pingback: Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan - Sami Share

  2. Pingback: 10 Makanan Sehat Untuk Bayi Selain ASI - Sami Share

  3. Pingback: Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan - Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *