Mengenal Lebih Dekat Penyakit Katarak Beserta Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Katarak merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat membuat seseorang kehilangan daya pandangnya. Gejala katarak tidak terlalu mudah dikenali, dan biasanya penderita katarak baru mulai menyadari setelah kondisi mata mereka sudah cukup kronis, oleh sebab itu pandai-pandailah mengenali kondisi mata anda, dan waspadailah segala gejala yang membuat mata terasa kurang nyaman.

Salah satu panca indera yang perannya sangat penting untuk aktivitas sehari-hari adalah mata, oleh sebab itu mata juga memiliki beragam penyakit yang dapat mengganggu fungsinya sebagai indera penglihatan. Diantara semua jenis penyakit yang dapat mengganggu fungsi mata, katarak merupakan jenis penyakit yang cukup sering menyerang manusia. Pada dasarnya, katarak adalah sebuah penyakit yang membuat lensa mata menjadi keruh seperti tertutup kabut. Normalnya, lensa mata manusia, transparan dan mengandung banyak air agar cahaya dapat mudah menembusnya, namun berbeda dengan penderita katarak, sebab lensa mata mereka cenderung lebih keruh sehingga membuat pandangannya pun akan menjadi kabur dan buram.

Biasanya, penyakit ini lebih sering menyerang mata manusia yang tinggalnya di daerah tropis termasuk Indonesia, pasalnya salah satu penyebab katarak adalah sinar ultraviolet dari matahari. Namun, meskipun demikian ada beragam faktor pemicu lainnya yang dapat menyebabkan penyakit katarak, diantaranya seperti :

  • Faktor keturunan yang berasal dari orang tua, jadi bila ada salah satu orang tua yang menderika katarak, maka resiko anaknya menderita penyakit yang sama, tergolong cukup tinggi
  • Faktor usia, pasalnya seiring dengan bertambahnya usia maka serat mata yang terdiri dari air dan protein akan berubah sehingga mengakibatkan serat protein menurun dan pada akhirnya akan menggumpal dan menimbulkan noda pada lensa mata
  • Pernah mengalami cedera atau radang mata
  • Pernah menjalani operasi mata
  • Cacat mata bawaan dari lahir
  • Mata sering terpapar sinar ultraviolet dari matahari dalam jangka waktu yang cukup lama secara berlebihan
  • Merokok
  • Penggunaan obat-obatan khususnya steroid dalam jangka waktu yang cukup lama
  • Penderita diabetes mellitus juga termasuk orang yang beresiko tinggi menderita katarak

Penyakit Katarak

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kini anda perlu memahami gejala penyakit katarak, agar bila anda sudah mulai mengetahuinya sejak dini, maka diharapkan katarak tersebut dapat lebih mudah diobati tanpa perlu dioperasi.

Biasanya orang yang menderita katarak tidak mudah mengenali bahwa mata mereka mengalami gangguan penyakit ini, pasalnya gejala katarak timbul secara perlahan-lahan sehingga biasanya baru pada 3-5 tahun kemudian penderita katarak baru akan menyadari bahwa mata mereka telah terserang katarak, sehingga pada saat seperti itu sebenarnya kondisi mata yang terserang katarak sudah cukup kronis.

Pada awalnya, katarak akan menimbulkan gejala berupa mata yang terasa sakit hingga menyebabkan air mata mudah keluar, kemudian sekitar mata terasa gatal dan pada malam hari penglihatan mulai terganggu, dan juga mata tak bisa menahan silaunya sinar matahari atau silaunya nyala lampu.

Beberapa tahun kemudian, barulah biasanya penderita seakan melihat selaput awan di depan pandangannya, dan lama kelamaan selaput tersebut akan semakin rapat sehingga pandangan semakin terlihat kurang jelas. Selain itu, gejala katarak juga dapat terasa ketika pada saat melihat sebuah objek, yang terlihat malah objek tersebut terbagi menjadi dua.

Nah, bila sudah seperti itu, maka biasanya cara mengobati penyakit katarak akan memerlukan penanganan secara medis. Bila dilakukan secara medis, maka dokter akan melakukan operasi atau pembedahan untuk mengangkat lensa mata yang keruh dan kemudian akan diganti dengan lensa mata buatan. Selain itu, kini ada cara terbaru, yakni dengan menggunakan bantuan sinar laser. Namun, tentu saja pengobatan medis tersebut akan membutuhkan biaya yang terbilang tidak sedikit, meskipun demikian, yang pasti pengobatan medis akan lebih efektif dan cepat untuk mengembalikan daya pandang mata anda, sebab seperti yang kita tahu bila menggunakan pengobatan secara tradisional maka anda perlu kesabaran untuk merasakan hasilnya.

Bila saat ini anda masih belum memiliki dana yang cukup untuk biaya pengobatan medis, maka tidak ada salahnya mencoba pengobatan tradisional dengan menggunakan berbagai bahan alami, seperti berikut ini :

  1. Minum jus wortel secara teratur
  2. Menggunakan masker mata yang terbuat dari ekstrak bunga labu
  3. Mengkonsumsi ramuan yang terdiri dari campuran adas manis dan ketumbar
  4. Mengkonsumsi ramuan yang terdiri dari 2 buah kapulaga halus yang dicampurkan dengan susu yang telah direbus
Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *